Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Ceri untuk Kesehatan

Loading...

manfaat buah ceriSebagai buah super, ceri menawarkan nutrisi penting untuk hidup sehat. Satu cangkir ceri mengandung 90 kalori dengan pasokan banyak serat, protein, dan vitamin A dan C, menurut United States Department of Agriculture (USDA).

Mengkonsumsi ceri dapat mendorong aktivitas antioksidan di dalam tubuh. Sebuah studi klinis yang dilakukan di University of Michigan menemukan untuk pertama kalinya bahwa antioksidan dalam ceri asam masuk ke dalam aliran darah manusia dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Dua belas orang dewasa yang sehat, usia 18 sampai 25 tahun, secara acak ditugaskan untuk mengkonsumsi salah satu, cangkir satu setengah atau tiga cangkir ceri asam beku. Setelah itu, peneliti menganalisis darah dan urin mereka dan menemukan aktivitas antioksidan meningkat hingga 12 jam setelah konsumsi ceri.

Ahli makanan Stella Metsovas, BS, mengatakan: “Ceri dikenal untuk manfaat anti-inflamasinya.” “Nilai ORAC (sebuah metode untuk memeriksa kapasitas antioksidan dalam makanan) dalam buah ini super tinggi,” tambahnya.

Meskipun ceri merupakan pembangkit antioksidan, ahli gizi Rania Batayneh, penulis The 01:01:01 Diet, mengatakan, “Melebihi anti-oksidan, ceri adalah satu-satunya sumber alami melatonin, hormon yang mengatur blok intern tubuh dan siklus tidur-bangun. ”

READ:  Definisi Shock Kardiogenik

Buah ceri memiliki banyak manfaat kesehatan. Nah, berikut adalah 6 alasan mengapa Anda harus makan lebih banyak buah super ini, dilansir dari Medical Daily

1. Membantu kondisi peradangan dan radang sendi

Berlimpahnya antioksidan dalam ceri telah dikaitkan dengan penurunan kadar oksida nitrat – senyawa yang berhubungan dengan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis – menurut Choosecherries.com.

Ceri memiliki nilai ORAC yang tinggi, yang membantu menurunkan faktor sirkulasi yang menyebabkan peradangan, seperti protein C-reaktif (CPR) yang diproduksi oleh hati.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Ceri mengandung antioksidan antosianin – pewarna alami yang memberikan pigmen dalam buah-buahan dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dalam penelitian laboratorium awal menggunakan sel-sel pankreas hewan, antosianin meningkatkan produksi insulin hingga 50 persen, kata seorang ahli kimia alam di Michigan State University di East Lansing dan ketua penelitian, Muralee Nair, Ph.D..

Senyawa berwarna-warni tersebut belum diuji pada manusia, dan peneliti menyarankan untuk membatasi manisan buah ceri karena mengandung gula tambahan dan lebih sedikit pigmen ceri yang menguntungkan.

READ:  Lensa Kontak Dan Perawatan Mata

3. Membantu menurunkan resiko penyakit jantung

Ceri asam dapat memberikan manfaat kesehatan jantung yang sama seperti obat yang diresepkan untuk membantu mengatur lemak dan glukosa pada pasien dengan sindrom metabolik.

University of Michigan Cardioprotection Research Laboratory menunjukkan bahwa ceri asam dapat mengurangi resiko stroke bahkan ketika mereka diambil dengan obat yang diresepkan, menurut Science Daily.

4. Membantu menurunkan resiko kanker usus besar

Serat makanan dalam ceri membantu menurunkan resiko kanker usus besar, menurut American Institute For Cancer Research (AICR).

Konsumsi serat makanan membantu orang dengan kontrol berat badan. Berat badan berlebih merupakan faktor resiko kanker yang dapat meningkatkan resiko tujuh jenis kanker.

5. Membantu meningkatkan daya ingat

Ceri merupakan sumber antosianin yang baik, yang dapat membantu meningkatkan memori. Antosianin dalam buah lezat ini membantu meningkatkan memori dan fungsi motorik pada tikus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, kata USDA dan Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University di Boston, Mass.

READ:  Makanan Sehat Pengatur Denyut Jantung

6. Membantu mendapatkan tidur malam lebih baik

Konsumsi jus ceri asam sebelum tidur meningkatkan waktu tidur total dan kualitas tidur. Batayneh mengatakan bahwa melatonin yang bertanggung jawab untuk pengaturan jam internal tubuh dan siklus tidur-bangun.

Efek ceri dalam menginduksi tidur pada tubuh manusia telah dipelajari dan telah menunjukkan bahwa segelas jus ceri asam di pagi dan malam hari membantu meningkatkan tidur.

**

Demikian kandungan gizi dan khasiat buah ceri untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

(foto: ebay.com)