3 Objek Wisata Kalimantan Timur yang Mempesona

Loading...

Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di pulau Kalimantan dimana pada bagian ujung timurnya berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Kalimantan Timur dikenal sebagai produsen minyak dan kayu, namun juga menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sangat mempesona.

Kalimantan timur bisa menjadi salah satu andalan tempat pariwisata di Indonesia sebab pada setiap kota di Kalimantan Timur terdapat lebih dari 1 objek wisata alamnya.

Nah, apa saja objek wisata alam yang terdapat di Kalimantan timur?

1. Pantai Segarasari Manggar di Balikpapan

pantai manggar segarasari
Pantai Manggar Segarasari (foto: jalanjalanindonesia.com)

Pantai Manggar Segarasari adalah salah satu wisata andalan di Balikpapan. Pantai Manggar Segarasari memperlihatkan kita pesona air laut yang sangat jernih, pasir putih serta wilayah yang sangat indah.

Luas wilayah Pantai Manggar Segarasari yang mencapai 13.000 m persegi bisa membuat kita dapat melakukan apa saja di daerah ini, seperti bermain bola bersama keluarga, bermain layang – layang, membangun istana pasir dan aktivitas pantai lainnya.

Wisatawan yang datang bersama keluarga dan anak kecil tidak perlu khawatir sebab pantai ini landai dan aman sebagai tempat bermain anak-anak. Pengunjung yang datang juga dapat leluasa berenang di pantai ini sebab ombak laut yang tidak begitu besar.

READ:  Mengenal Budaya Tionghoa

2. Pulau Derawan di Berau

pulau derawan
Pulau Derawan (foto: scubawarehouse.com.sg)

Pulau Derawan adalah sebuah pulau yang terletak di kabupaten Berau. Pulau Derawan adalah sebuah pulau yang permukaan air lautnya memiliki gradasi biru dan hijau yang sangat memukau.

Pulau ini sangat cocok bagi nada yang memiliki hobi wisata selam (diving). Pada kedalaman laut sekitar 5 meter anda dapat menikmati beberapa spesies laut yang cantik seperti gurita (bluering octopus), kuda laut (seahorses), ikan skorpion (scorpionfishes) dan belut pita (ribbon eks).

Pulau Derawan dikenal sebagai lokasi tujuan menyelam teratas ke 3 di dunia, yang disebabkan memiliki kekayaan laut yang mencapai 50 jenis hewan laut.

Bagi anda yang tidak bisa atau tidak menyukai diving, jangan khawatir. Anda masih dapat menikmati keindahan pulau ini dengan berenang, bermain pasir, kayaking, snorkeling atau bermain dengan ubur-ubur di danau Kakaban.

3. Pulau Kumala di Tenggarong

Pulau Kumala
Pulau Kumala (foto: ayu-agenneptunus.blogspot.com)

Pulau Kumala adalah salah satu objek wisata yang terletak di kota Tenggarong. Objek wisata ini menjadi andalan masyarakat Kalimantan timur karena merupakan perpaduan antara teknologi modern dan budaya adat tradisional.

READ:  10 Lokasi Harry Potter yang Wajib Dikunjungi

Pulau Kumala terletak di tengah – tengah sungai Mahakam dan memiliki luas hingga 81,7 hektare. Pulau Kumala adalah sebuah taman rekreasi yang memiliki konsep mirip seperti Ancol di jakarta sebab pulau ini memiliki banyak sekali permainan seperti  bombom car , jet clotser, sky tower,  komedi putar, gocart dan kereta gantung.

Ajaklah keluarga Anda berkunjung ke pulau ini. Anda dapat menikmati menyeberang sungai Mahakam menuju pulau dengan transportasi kapal kayu atau sensasi menyeberang dengan kereta gantung melintasi sungai Mahakam.

Aneka wahana yang tersedia tentu akan membuat anak atau keponakan anda menjadi riang bermain. Dengan biaya yang cukup terjangkau antara Rp.1500 – Rp. 10.000 anda sudah dapat menikmati wahana permainan tersebut.

**

Itulah 3 objek wisata di Kalimantan timur yang dapat anda kunjngi ketika berkesempatan menginjakkan kaki di sana. Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata seru lainnya. Jika tertarik,  silahkan datang berkunjung kapan saja.