Cara Mengurangi Depresi dengan Self Talk

Loading...

Mengurangi Depresi dengan Self TalkKetika sedang memiliki suatu beban masalah, hal paling ampuh yang sering dilakukan seseorang adalah dengan mencurahkan perasaan atau curhat, entah itu kepada teman, kerabat ataupun keluarga.

Tapi jika Anda termasuk golongan orang dengan karakter tertutup atau introvert, biasanya akan merasa sangat sulit dan risih untuk berbagi masalah dan keluh kesah dengan orang lain.

Anda mungkin akan memilih untuk mencari solusi sendiri tanpa melibatkan orang lain.

Karakter Introvert

Orang dengan karakter introvert kadang lebih memilih untuk merenung jika sedang menghadapi suatu masalah, atau mencari kesibukan untuk mengalihkan pikiran. Namun jika masalah sudah terlampau besar dan terasa semakin berat, menangis adalah salah satu alternatif yang mampu menenangkan perasaan dan pikiran.

Jika dilihat dari sisi psikologi, adalah hal yang sangat wajar untuk memendam perasaan atau menyimpan beban masalah sendiri, tapi seorang yang introvert harus ditunjang dengan kepribadian diri yang tangguh dan kuat.

Yang berbahaya itu apabila Anda hanya bisa memendam tanpa tahu solusi apa yang harus Anda lakukan. Ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

READ:  Tips Mengatasi Stres dan Depresi Saat Liburan

Self  Talk ketika Depresi

Bagi Anda yang tidak mampu berbagi masalah bahkan dengan orang terdekat sekalipun, salah satu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan Self Talk, melakukan percakapan dengan diri sendiri.

Dengan self talk, Anda lebih bebas untuk memainkan beberapa keadaan emosi yang berbeda. Marah, tertawa, lalu pada waktu yang bersamaan tiba-tiba menangis di depan cermin. Hal ini dapat dilakukan sebagai media untuk menyalurkan emosi atau perasaan.

Self Talk dapat membuat pikiran Anda tetap positif, karena bisa menjadi terapi untuk membangkitkan semangat ketika Anda sedang merasa sangat terpuruk.

Self talk juga dapat mengendalikan emosi atau stres. Saat Anda memiliki masalah dan memilih untuk melakukan dialog dengan diri sendiri, sebaiknya hindari kalimat-kalimat yang negatif karena hal itu hanya akan membuat Anda menjadi semakin terpuruk.

Self Talk sangat penting untuk dibiasakan. Kecenderungan untuk berbicara pada diri sendiri adalah sesuatu yang berorientasi untuk mencari keyakinan diri atas apa yang sedang dihadapi. Self Talk akan membangun karakter dan pendirian Anda terhadap segala sesuatu.

READ:  Terapi Cahaya untuk Depresi dan Gangguan Lainnya

Membuka Diri

Namun pada akhirnya akan lebih baik jika Anda, terutama yang memiliki karakter tertutup untuk membina komunikasi yang baik dengan teman atau kerabat yang Anda anggap mampu memahami keluh kesah dan masalah yang sedang Anda hadapi.

Hal ini penting untuk mencegah gangguan psikis atau mental Anda.

Selain itu lakukanlah relaksasi atau cari hal-hal yang Anda sukai untuk mengurangi rasa stres atau depresi Anda. Ingat-ingat kembali hobi yang sudah lama tidak Anda lakukan, bisa Anda coba kembali.

(foto: collegecandy.wordpress.com)