Peladophobia, Rasa Takut pada Kepala Botak

Loading...

PeladophobiaSangat wajar bagi seseorang (terutama pria) menjadi botak seiring dengan usianya yang semakin tua. Beberapa pria bahkan merasa cukup nyaman dengan kondisi kepala yang botak.

Apa itu Peladophobia

Ada pria yang memilih untuk tidak menumbuhkan rambutnya karena menurutnya itu adalah mode yang disukai. Tapi rupanya ada sebagian kecil orang yang memiliki rasa takut pada kepala botak, rasa takut inilah yang disebut Peladophobia.

Jangan heran ketika kepala botak yang sudah menjadi semacam fashion tren saat ini, ternyata ditakuti oleh beberapa orang. Ketika melihat kepala yang botak, orang yang mengidap pelodophobia ini akan seketika merasa takut dan cemas kemudian menghindar dan menjauhi orang yang memiliki kepala botak.

Peladophobia atau orang yang merasa takut mungkin tidak dapat menjelaskan tindakan mereka, namun mereka juga tidak dapat mengendalikan rasa takut yang muncul secara tiba-tiba.

Nah, apa yang menjadi penyebab peladophobia? Apa saja gejala yang mungkin timbul dan bagaimana cara mengatasinya? Kami berbagi informasi berikut ini.

READ:  10 Hotel Unik dan Paling Tidak Biasa di Dunia

Penyebab Peladophobia

Pada umumnya phobia atau rasa takut berlebihan timbul dari peristiwa eksternal (peristiwa traumatik) atau juga merupakan penyakit turunan. Phobia ini kemudian dapat dipicu oleh sebuah peristiwa yang terkait pada masa lalu, misalnya dari masa kecil seseorang.

Kombinasi peristiwa masa lalu, faktor keturunan dan reaksi kerja otak bisa memainkan peran penting yang menyebabkan phobia.

Seperti misalkan di masa lalu seseorang kehilangan orang terkasih akibat penyakit kanker yang diderita. Kanker merupakan penyakit yang mengerikan. Kemoterapi dan radiasi sering digunakan dalam pengobatan. Dalam proses pengobatan tersebut, pasien akan kehilangan rambutnya secara perlahan-lahan.

Nah seseorang tersebut mungkin saja menjadi trauma akan peristiwa itu dan menjadi takut setiap kali ia melihat orang dengan kepala botak. Hal ini juga dapat menjadi sumber sejati rasa takut seseorang.

Gejala Peladophobia

Jika seorang peladophobia bertemu atau melihat seseorang yang memiliki kepala botak, maka rasa takut tiba-tiba muncul, kecemasannya juga meningkat, gemetaran, mual, panik, dan akan segera menghindar untuk menjauhi orang dengan kepala botak.

READ:  6 Alasan Wanita Lebih Gemar Menonton Film Horor

Ironis memang, bahwa banyak orang yang merasa nyaman dengan kepala botak tanpa rambut, sementara ada yang mungkin merasa sangat tidak nyaman jika berada di hadapan mereka.

Cara Mengatasi Peladophobia

Kebanyakan orang yang mengalami phobia biasanya mengkonsumsi obat yang dapat meredakan dan mengobati rasa takut dan kecemasan yang berlebihan. Itu bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk menyembuhkan phobia seseorang.

Akan tetapi lebih baik mengobati phobia dengan mencoba untuk berkonsultasi pada ahli terapis yang bergelut dalam mengatasi ketakutan dan pelatihan otak hingga mampu bereaksi berdasarkan logika. Seorang terapis juga dapat membantu Anda mengidentifikasi setiap ketakutan yang Anda miliki, termasuk rasa takut terhadap orang-orang yang botak.

(foto: Nicobobinus – flickr.com)