Bagaimana Makanan Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Anda

Loading...

Makanan bergiziMengonsumsi makanan bergizi dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit

Tidak ada makanan ajaib yang akan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh keluarga Anda, diet seimbang yang kaya akan buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan protein merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan tubuh. Berikut artikel yang kami kutip dari tulisan Katherine Lee.

“Anda tidak akan memiliki fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal kecuali Anda memiliki diet seimbang yang membangun melawan infeksi sel darah putih dan sebaliknya membantu tubuh melindungi dirinya sendiri,” kata David Katz, MD, direktur dari Yale Prevention Research Center.

Buah segar dan sayuran menyediakan beragam nutrisi dan antioksidan, komponen ini hadir dalam makanan yang mencegah atau memperbaiki cedera sel, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi risiko infeksi. Antioksidan termasuk lycopene, karotenoid seperti beta karoten, dan vitamin A, C, dan E. Pilih sayuran dan buah-buahan berwarna cerah, yang cenderung tinggi antioksidan, untuk mendapatkan beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal .

READ:  Definisi Hiperkalsemia

Mengapa Anda harus mendapatkan antioksidan yang meningkatkan kekebalan Anda dari makanan?

Sangat penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang bisa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dari diet yang seimbang.  Suplemen menggembar-gemborkan “manfaat dari meningkatkan kekebalan” mungkin tidak diperlukan, dan mengambil terlalu banyak dari satu vitamin atau suplemen lainnya, dalam beberapa kasus, dapat membahayakan.

Mengambil suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda juga bisa berarti bahwa Anda kehilangan komponen kunci makanan yang bekerja sama untuk memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Jadi, misalnya, sepiring salad hijau berdaun dengan paprika merah cerah, tomat dengan semangkuk sup ayam dan sayuran dapat menawarkan campuran nutrisi peningkat kekebalan yang bekerja sama untuk meningkatkan kekuatan dengan cara yang vitamin atau suplemen lainnya tidak bisa tandingi.

Jika Anda berpikir bahwa Anda atau keluarga Anda mungkin tidak akan mendapatkan nutrisi cukup untuk kesehatan secara keseluruhan dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat, konsultasilah dengan dokter Anda sebelum membuat perubahan diet atau mengkonsumsi suplemen.

READ:  Mengenal Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, pastikan untuk mendapatkan istirahat cukup, melakukan kebiasaan cuci tangan yang baik, dan mengambil langkah-langkah lain untuk menangkal penyakit selama musim dingin dan flu merajalela.

(photo: lovefood.com)