Tips Membersihkan Saluran Air di Atap Rumah

Loading...

membersihkan saluran air di atapSaat musim hujan tiba, pohon di sekitar rumah Anda akan berguguran dan memenuhi selokan ataupun saluran air di atas genteng Anda.

Nah, masalah umum yang sering terjadi saat memasuki musim hujan adalah aliran air di selokan atau saluran air yang terhambat.

Mungkin sebagian dari Anda akan menganggap kegiatan membersihkan saluran air sangat berat sehingga Anda berusaha untuk menunda untuk membersihkannya selama mungkin.

Apalagi jika Anda harus naik ke atap dan membawa beberapa alat pembersih. Itulah alasannya mengapa sebagian orang menganggap tugas ini sangat berat.

Untuk mengubah pemikiran Anda,berikut beberapa tips yang akan kami berikan untuk Anda agar lebih mudah membersihkan saluran air pada atap rumah Anda.

1. Mulailah dengan sebuah tangga

Anda dapat menggunakan tangga yang berbentuk lurus dan terbuat dari bahan yang kuat. Tapi jika Anda tidak memilikinya, maka Anda mungkin lebih baik menggunakan tangga ekstensi. Pastikan tangga telah menempel dan bersandar pada dinding rumah dengan aman.

2. Tempat Pembuangan Sampah

Jika Anda hanya menghilangkan kotoran selokan lalu melemparkannya ke tanah dan kembali mengumpulkannya, bukankah itu menghabiskan waktu? Nah untuk menyiasatinya, Anda dapat membawa 1 kantong besar untuk meletakkan sampah tersebut dan setelah selesai dapat Anda buang langsung kebawah tanpa harus memungutnya kembali.

READ:  4 Bahaya Balita Mengonsumsi Teh

Tetaplah berhati-hati selama menuruni tangga sambil membawa sampah, karena resiko jatuh akan semakin besar terlebih lagi bila sampah bawaan Anda cukup berat.

3. Gunakan Sarung Tangan

Daun basah bahkan potongan kayu yang terdapat dalam saluran air akan berbahaya saat Anda membersihkannya. Terlebih lagi jika daun bercampur kayu patah dan serpihan kayu sehingga membuat Anda tidak dapat memisahkan antara daun dan serpihan kayu.

Nah untuk itu gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari kotoran dan juga duri yang berpotensi melukai tangan.

4. Gunakan Sendok Sampah

Jika Anda tidak ingin beresiko terkena patahan kayu, Anda dapat menggunakan sendok pembersih sebagai salah satu alternatifnya. Misalnya seperti sekop plastik yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran selokan Anda agar dapat mengeluarkan seluruh kotoran yang terhambat dalam selokan. Gunakan sendok selokan yang nyaman untuk dipegang dan berbahan ringan.

5. Mesin Pembersih Khusus

Jika Anda ingin lebih mudah, Anda dapat mengeluarkan sedikit uang untuk membersihkan kotoran pada selokan misalnya membeli alat pembersih khusus seperti vacuum yang memang didesain untuk membersihkan selokan pada atap rumah Anda.

READ:  12 Alat yang Diperlukan Pria dalam Kotak Perkakasnya

Tinggal menyalakan mesin maka seluruh sampah akan keluar pada tempat pembuangan. Anda dapat membuat tempat pembuangan pada suatu wadah atau tanah dan nantinya dapat Anda daur ulang menjadi pupuk untuk  menyuburkan tanaman Anda.

6. Air

Anda dapat menggunakan selang yang berukuran panjang untuk membersihkan selokan karena akan membantu jika saja ada beberapa jenis sampah yang tidak dapat dibersihkan dengan menggunakan tangan dan alat. Maka Anda hanya tinggal menyemprotnya saja dengan mengggunakan air dengan tekanan tinggi.

**

Demikianlah tips dan cara membersihkan saluran air di atap rumah Anda. Bersihkanlah saluran air sebelum musim hujan tiba dan lakukan secara rutin agar saluran air bersih dan tidak terjadi kebocoran. Semoga bermanfaat.

(foto: property.okezone.com )