Tingkatkan Sistem Kekebalan Anak Anda dengan Makanan Ini!

Loading...

Biasakan anak mengkonsumsi sayuranBiasakan anak mengkonsumsi sayuran

Masa kanak-kanak selalu dipenuhi tawa dan bermain. Namun sistem kekebalan tubuh yang belum matang dan kebersihan yang tidak begitu sempurna dapat mendatangkan penyakit pada tubuh anak. Jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, membantu anak Anda menangkis penyakit.

Cobalah beberapa pembangkit sistem kekebalan tubuh bagi anak Anda untuk membantu memastikan tubuhnya kuat, dikutip dari modernmom.com.

Asam Lemak Omega-3

Menurut Dr. William Sears, dokter anak dan penulis mencatat, “Omega-3 asam lemak bertindak sebagai penguat kekebalan tubuh dengan meningkatkan aktivitas fagosit, sel-sel darah putih yang memakan bakteri.” Ini adalah kabar baik untuk sistem kekebalan tubuh, yang terus-menerus diserang bakteri jahat, menyebabkan banyak penyakit pernapasan.

Makanan tinggi omega-3 termasuk telur, kacang-kacangan dan sayuran hijau gelap. Ikan dianggap sebagai sumber yang sangat baik dari omega-3. Membuat kue berbentuk ikan yang lucu dari salmon liar kaleng, atau memberi makanan renyah pada anak-anak Anda, stick ikan panggang dengan saus tomat. Jika anak Anda menolak ikan, cobalah menambahkan satu sampai tiga sendok teh minyak biji rami, yang juga mengandung asam lemak omega-3, untuk smoothie buah atau yoghurt.

READ:  Tips Rileks dalam Waktu 5 Menit

Probiotik

Probiotik mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat yang diperlukan untuk mengatur fungsi kekebalan tubuh. Salah satu cara yang paling populer untuk mendapatkan probiotik bagi anak-anak Anda adalah memberi mereka yoghurt.

Untungnya, kebanyakan anak-anak menyukai yogurt, tetapi jika anak Anda tidak, probiotik juga dapat dibeli dalam bentuk bubuk dan ditambahkan ke susu atau jus. Karena probiotik tidak memiliki rasa nyata, ia merupakan peningkat kekebalan tubuh yang mudah. Untuk perlindungan terbaik, probiotik harus dikonsumsi setiap hari.

Buah

Buah tidak hanya merupakan camilan lezat, ada juga beberapa yang merupakan pendukung sistem kekebalan tubuh terbaik. Buah jeruk dan berry, keduanya kaya akan antioksidan yang bekerja untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Meliputi berbagai buah, seperti blueberry, blackberry dan stroberi, bersama dengan jeruk keprok dan jeruk manis, pasangan pas untuk disajikan dalam diet anak Anda setiap hari. Resep lainnya, Anda dapat membuat smoothie menggunakan probiotik yoghurt  atau bubuk probiotik, berbagai buah-buahan segar atau beku, es dan susu rendah lemak.

READ:  Panduan Nutrisi Untuk Anak

Sayuran

Salah satu hal yang paling sulit bagi kebanyakan orangtua adalah membuat anak mau mengkonsumsi berbagai sayuran. Brokoli, wortel dan paprika merah, kuning, jingga, semuanya mengandung beta karoten dan vitamin C, dua penguat kekebalan yang terkenal.

Jika anak Anda cenderung mengernyitkan hidungnya saat melihat sayuran di piring, ubah triknya. Buat jadi menyenangkan dengan pohon brokoli kecil, dan coba berikan anak Anda saus rendah lemak. Dan pastikan Anda menunjukkan pada anak-anak Anda bahwa Anda menikmati makan sayuran juga. Menurut American Dietetic Association, entah Anda membeli yang segar, beku atau kalengan, memberi makan anak-anak Anda dengan berbagai buah-buahan dan sayuran adalah cara yang baik untuk memastikan mereka mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi.

(photo: thenutritionpost.com)