Tips Menjaga Rambut Ikal Tetap Lembut dan Berkilau

Loading...

rambut ikal bergelombangRambut ikal adalah salah satu model rambut yang saat ini digandrungi oleh para wanita. Sejak dulu, wanita yang memiliki rambut ikal dianggap lebih seksi dan elegan. Akan tetapi sebagian orang mengeluhkan rambut ikal mereka yang selalu tampak kusut dan tidak terawat.

Nah, sebenarnya rambut ikal Anda akan terlihat lebih menarik jika Anda memberikan perawatan yang tepat untuk rambut Anda. Biasanya perawatan dengan menggunakan alat pengering dan rol panas dapat menyebabkan rambut Anda menjadi rontok.

Bahan kimia yang dikandung dalam produk rambut berkualitas rendah juga dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi rambut Anda. Dapat menyebabkan munculnya ketombe, iritasi kulit kepala dan masalah lainnya.

Berikut adalah beberapa tips mudah untuk menjaga rambut ikal Anda tetap lembut dan berkilau:

Memilih produk perawatan rambut

Gunakan produk yang tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate atau Amonium Solfat Laureth. Hal ini penting terutama bagi Anda yang memiliki rambut ikal. Perhatikan dengan seksama pada label sampo dan kondisioner sebelum membeli dan menggunakannya.

READ:  Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut dan Kulit

Cobalah untuk mencari sampo dan kondisioner yang mengandung bahan alami/organik. Bahan alami akan mengembalikan kelembaban alami rambut Anda dan relatif mudah untuk ditemukan.

Jangan keramas menggunakan air hangat

Air hangat dapat memicu kekeringan pada rambut karena akan menghilangkan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung rambut Anda. Jadi sebaiknya gunakan air dingin.

Hindari perawatan berbahan kimia

Sesering mungkin hindari perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia. Pewarna misalnya, bisa menyebabkan dampak buruk bagi rambut Anda.

Jika Anda merasa harus melakukannya, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu lama untuk mencegah terjadinya kerusakan rambut.

Begitu juga jika Anda memiliki hobi berenang, gunakanlah penutup kepala karena bahan kimia yang terkandung dalam air kolam renang dapat merusak rambut Anda.

Rapikan ujung rambut Anda secara teratur

Potonglah ujung-ujung rambut Anda secara rutin paling tidak 6 minggu sekali. Hal ini dapat menjaga ujung rambut Anda agar tetap lembut dan menghilangkan rambut bercabang.

Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah

Rambut yang basah tiga kali lebih rapuh serta mudah patah. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menyisir rambut segera setelah keramas, tunggulah sampai mengering. Gunakan jari-jari Anda atau sisir bergigi jarang ketika menyisir.

READ:  Manfaatkan Khasiat Telur untuk Rambut Lebih Halus

Gunakan masker telur

Telur sejak dulu sudah dikenal banyak memberikan manfaat baik bagi rambut. Gunakan putih telur untuk melembabkan rambut, caranya oleskan putih telur pada rambut Anda secara merata kemudian bungkus dengan menggunakan handuk hangat kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas lalu keramaslah seperti biasa.

Pola makan sehat

Konsumsi berbagai macam buah, sayuran dan sumber nutrisi sehat lainnya. Karena cara ini adalah solusi yang terbaik untuk menjaga kesehatan rambut Anda dari dalam. Mengkonsumsi air putih yang cukup juga merupakan cara yang efektif.

(foto: galatema.com)