Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Loading...

tips menanam sayuranSiapa saja pasti sudah tahu bahwa cara terbaik untuk tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Sayangnya sekarang ini semakin sedikit jenis sayuran yang dapat ditemukan di pasaran, sehingga menyebabkan harga sayuran terus melonjak.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara mudah yang dapat Anda lakukan agar bisa terus menikmati sayuran sehat.

Cobalah untuk menanam sayur-sayuran di kebun rumah Anda. Tidak hanya sehat tapi juga sangat ekonomis.

Menanam sayur-sayuran memberi manfaat ganda. Anda mendapatkan sayuran yang sehat dan segar dari halaman rumah Anda sendiri, dan Anda pun memiliki cara untuk menghilangkan stres.

Ya, berkebun dipercaya sebagai salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan stres.

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang dapat dengan mudah Anda tanam di rumah.

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini adalah jenis sayuran yang sangat mudah tumbuh, selain itu bayam hanya memerlukan sedikit perawatan. Anda bisa menanam sayuran yang kaya vitamin dan zat besi ini di rumah Anda.

READ:  Tips Membuat Anak Introvert Lebih Menonjol

Yang perlu Anda lakukan yaitu menabur benih bayam ke dalam tanah. Tanaman ini akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk berkecambah.

Sampai benih berkecambah, Anda perlu menyiram benih dengan asupan air yang cukup, jangan berlebih karena akan membuat tanaman menjadi layu.

Ketika bayam siap dipanen, petiklah kemudian cuci dengan air hangat. Setelah itu bayam siap untuk dikonsumsi.

Selada

Selada ini membutuhkan suhu yang rendah dengan kelembaban yang tinggi. Tanaman ini bisa dibudidayakan sebagai tanaman pot. Selada tumbuh dengan baik terutama di tanah yang berpasir serta memiliki banyak kandungan organik.

Sinar matahari yang berlebih dapat membuat tanaman ini menjadi pahit. Pastikan tanah yang akan ditanami memiliki nutrisi yang cukup agar selada dapat tumbuh dengan cepat.

Terong

Sayuran berwarna ungu ini sering dijadikan sebagai bahan masakan dalam resep menarik. Terong menyukai suhu yang hangat, sebab suhu yang dingin terutama pada malam hari akan menghambat pertumbuhan sayuran ini.

Anda dapat dengan mudah menanamnya dalam pot, dimulai dari benih. Terong memerlukan banyak sinar matahari tetapi harus dilindungi dari angin kencang.

READ:  6 Perlengkapan Kamar Mandi yang Sebaiknya Kamu Punya

Kacang Hijau

Kacang hijau dapat dengan mudah tumbuh di kebun rumah Anda. Sayuran ini bahkan bisa Anda tanam dengan menggunakan kapas basah sebagai medianya.

Sinar matahari yang cukup dan asupan air secara teratur akan membantu pertumbuhan kacang hijau. Waktu pertumbuhannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

**

Itulah beberapa sayuran yang mudah ditanam di halaman rumah. Sayuran yang berasal dari kebun rumah Anda sendiri akan terasa lebih nikmat dibanding sayuran yang Anda beli di pasaran. Selain itu, Anda dapat menghemat biaya dengan menanam tanaman sendiri.

Anda dapat mengontrol berapa banyak pupuk dan pestisida yang Anda gunakan sehingga Anda tahu bahwa tanaman yang Anda tanam memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik.

Jika dapat menggunakan pupuk kandang atau kompos, tentu akan lebih baik lagi karena meminimalkan pemakaian bahan kimia pada makanan Anda.

Jika masih memiliki lahan kosong, tak ada salahnya menanam tanaman rempah yang berkhasiat pengobatan alami seperti jahe dan sereh. Selamat mencoba.

READ:  6 Makanan yang Perlu Dihindari agar Sistem Reproduksi Selalu Sehat

(foto: boldsky.com)