5 Kuliner Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba

Loading...

soto banjarKalimantan adalah sebuah pulau yang luas di Indonesia, pulau Kalimantan terkenal dengan hutan lindungnya dan banyaknya keindahan alam yang mempesona.

Di beberapa tempat di pulau Kalimantan memiliki banyak objek wisata yang tidak kalah menariknya seperti pulau Derawan, pasar terapung, danau sentrum dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan Indonesia namanya bila tidak memiliki keragaman makanan khas. Kalimantan termasuk salah satu pulau yang memiliki ragam makanan khas yang menggugah selera.

Nah apa saja makanan khas dari pulau Kalimantan?

1. Kenta – Kalimantan tengah

Kenta adalah salah satu makanan sejenis kue yang berasal dari Kalimantan,  tepatnya suku dayak. Dibuat dari ketan padi yang disangrai dan ditumbuk pada lesung kayu hingga berbentuk pipih.

Rasa asli kue ini sebenarnya sedikit hambar, namun biasanya disajikan dengan tambahan parutan kelapa, air kelapa muda dan taburan gula pasir membuat rasanya menjadi lebih nikmat dan terasa gurihnya.

Kenta tergolong jenis kuliner yang sudah sulit ditemui, hal ini disebabkan oleh pembuatannya yang agak rumit.

READ:  Ini Dia Kota Seafood Terbaik di Indonesia

2. Ayam Cincane – Samarinda, Kalimantan Timur

Ayam bakar cincane adalah salah satu kuliner andalan di Samarinda. Ayam cincane diolah dari daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan. Dipilih ayam kampung karena dagingnya terasa lebih gurih dibandingkan ayam potong.

Dahulu, kuliner jenis ini biasanya hanya ditemukan ketika ada pesta pernikahan atau ketika menyambut tamu kehormatan. Namun sekarang, menu khas Samarinda ini sudah dapat ditemukan kapan saja di beberapa kedai dan rumah makan di Samarinda.

3. Pisang Gapit – Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur

Pisang gapit adalah salah satu makanan khas Kalimantan timur yang banyak djumpai di Balikpapan dan Samarinda. Disebut pisang gapit karena cara pembuatan pisang ini adalah dengan cara menggapit pisang setengah masak sambil dipanggang.

Setelah matang, pisang tersebut dicampurkan dengan saus tertentu. Kata gapit sendiri berasal dari bahasa banjar dan Kutai yang artinya Jepit.

4. Soto Banjar – Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Soto adalah makanan khas Indonesia, hampir setiap wilayah di Indonesia memiliki jenis soto. Termasuk Banjarmasin yang terkenal dengan soto banjar.

READ:  4 Kuliner Khas Kota Makassar

Soto banjar terbuat dari daging ayam yang disuwir – suwir dan memiliki aroma yang khas. Aromanya berasal dari rempah – rempah alami seperti kayu manis, biji, pala, cengkeh dan beragam bumbu lainnya.

Soto banjar sangat nikmat bila disajikan bersama telur rebus dan ketupat.

5. Bubur Pedas – Sambas, Kalimantan Barat

Bubur pedas adalah salah satu makanan khas Kalimantan Barat. Walaupun dinamakan bubur pedas, namun ternyata rasanya tidaklah pedas sama sekali, justru makanan ini memiliki rasa gurih dan segar.

Bubur pedas dibuat dari beras yang disangrai bersama kelapa parut. Setelah itu dimasak dan ditambahkan tetelan daging beserta aneka sayuran. Bubur pedas biasanya disajikan bersama jeruk sambal, ikan teri, dan kecap manis.

**

Itulah beragam makanan khas pulau Kalimantan, masih ada beberapa makanan khas Kalimantan lainnnya seperti lontong orari, Sayur rotan, dan Kaprah. Rasanya yang menggugah selera dan memiliki nilai gizi yang baik membuat kita harus lebih mencintai masakan khas Indonesia.

(foto : tastekuliner.blogspot.com)