Memutus Lingkaran Setan Depresi

Loading...

depresiKetika Anda berada dalam pergolakan depresi, rasanya sulit mengumpulkan tenaga untuk melakukan apa saja, terutama berolahraga, berhubungan kembali dengan teman dan keluarga, dan makan makanan yang sehat.

Bahkan mengambil obat saja mungkin Anda merasa seperti sebuah tugas.

Tapi memutus siklus depresi adalah satu-satunya cara untuk merebut kembali hidup Anda, seperti yang dikatakan oleh para ahli, dilansir dari webMD.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengambil alih depresi dan melanjutkan kembali hidup Anda.

Apa itu depresi?

Menyadari bahwa Anda mengalami depresi adalah langkah pertama untuk merasa lebih baik, kata Subhdeep Virk, MD, asisten profesor psikiatri di Ohio State University Medical Center Werner di Columbus.

Gejala depresi mungkin termasuk:

  • Menarik diri dari keluarga dan teman-teman
  • Merasa putus asa
  • Kehilangan energi
  • Hilangnya kesenangan dari hal-hal yang Anda nikmati
  • Tidur terlalu banyak atau tidak cukup
  • Makan terlalu banyak atau tidak cukup
  • Peningkatan kecemasan
  • Mudah marah

Meskipun semua orang merasa jatuh dari waktu ke waktu, depresi berkepanjangan dan sering mengganggu kemampuan Anda untuk menjalani hidup dan mengatasi tekanan sehari-hari.

Kapan antidepresan diperlukan?

“Jika Anda begitu tertekan sehingga Anda tidak bisa bangun untuk melakukan tugas-tugas Anda, dan keluar dari rumah saja terasa seperti sebuah rintangan yang luar biasa, ambillah obat,” katanya. “Antidepresan dapat membantu mengurangi efek dan memungkinkan Anda untuk terlibat dalam terapi dan keluar dari lingkaran setan.”

READ:  Mengenal Sistem Kekebalan Tubuh

Obat-obatan juga dapat membantu dengan menghentikan beberapa pola berpikir negatif yang membuat sulit untuk melihat keluar dari depresi, katanya. Pikiran-pikiran seperti ini tidak akan pernah berakhir dan akan berlangsung selamanya membuat sulit untuk bergerak maju.

“Terapi yang bermanfaat bersama dengan obat-obatan, terutama jika Anda memiliki stressor psikososial dalam hidup Anda yang berkontribusi terhadap bagaimana perasaan Anda,” katanya.

Beberapa antidepresan dimulai dari dosis yang lebih rendah untuk menghindari efek samping. Setelah satu atau dua minggu, dosis dapat ditingkatkan secara bertahap – jika diperlukan – untuk mendapatkan efek yang diinginkan pada suasana hati Anda.

Antidepresan biasanya tidak bekerja dalam semalam. Beberapa mungkin memakan waktu lebih lama daripada yang lain untuk dapat bekerja.

Biasanya diperlukan waktu sekitar enam minggu, rata-rata, untuk antidepresan memberikan efek positif pada suasana hati Anda, kata Virk. “Bersabarlah dan tetap berhubungan dekat dengan dokter Anda.”

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak antidepresan untuk dipilih oleh dokter saat ini. Jika salah satu tidak bekerja, ia dapat menyesuaikan dosis, beralih ke yang lain, atau bahkan menambahkan obat yang kedua ke dalam campuran.

READ:  Mengenali Penyembuhan Depresi dan Sisa Gejalanya

“Pilihannya sering didasarkan pada gejala yang paling menonjol dan apa efek samping yang mungkin terjadi,” kata Bryan Bruno, MD, ketua psikiatri di Lenox Hill Hospital di New York City.

Sebagai contoh, beberapa antidepresan dapat menyebabkan “sedasi” dan terkadang hal ini dapat berguna bagi orang yang mengalami depresi dan mengalami gangguan tidur.

“Adalah penting bahwa Anda tetap dalam kontak dekat dengan dokter Anda jika Anda mengambil obat untuk mengobati depresi Anda – terutama ketika Anda memulai obat baru atau membuat perubahan,” katanya.

Ini akan memungkinkan dokter untuk memonitor efek samping.

Mengelola depresi dengan mengubah gaya hidup

Perubahan gaya hidup termasuk berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan masuk kembali ke dalam hidup juga membuat perbedaan, terutama ketika dipasangkan dengan obat-obatan dan terapi.

Membuat perubahan ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan jika Anda mengalami depresi, tapi mungkin, kata John L. Beyer, MD, asisten profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Duke University Medical Center dan direktur Duke Mood and Anxiety Disorder Clinic di Durham, N.C. “Bertindaklah seolah Anda tidak tertekan dalam mengantisipasi agar merasa jauh lebih baik,” katanya.

READ:  Terapi Cahaya untuk Depresi dan Gangguan Lainnya

“Buat jadwal kapan Anda harus mandi, makan, berolahraga, tidur, dan bangun, dan menaatinya.” Sisanya akan menyusul. “Setelah beberapa saat, itu akan menjadi lebih kurang sulit dan hal-hal akan mulai menjadi menyenangkan,” katanya.

Kebiasaan sehat ini juga dapat membantu mencegah kambuhnya depresi. Bagi orang-orang yang rentan terhadap depresi, tekanan hidup dapat mendorong mereka kembali ke tempat gelap.

“Kita tidak bisa mengubah genetika, tetapi kita dapat mengubah lingkungan kita untuk melindungi dari kambuhnya,” katanya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah meningkatkan faktor ketahanan pribadi Anda. “Hal sulit dapat terjadi, tetapi bagian dari menjadi baik dan menjadi manusia adalah untuk mengembangkan ikatan sosial dan jaringan,” katanya.

Jangan biarkan diri Anda terisolasi. “Ini akan membangun ketahanan yang mencegah depresi mengontrol Anda di masa depan.”

(foto: timothywibowo.com)