5 Tips Meningkatkan Daya Ingat

Loading...

meningkatkan daya ingatMemori atau daya ingat yang kuat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak Anda.

Jika Anda seorang pelajar, maka memori atau daya ingat yang kuat sangat dibutuhkan untuk menyimpan semua pelajaran yang masuk ataupun yang Anda pelajari.

Memiliki kemampuan daya ingat yang kuat akan sangat bermanfaat, misalnya Anda dapat mengingat momen-momen yang manis saat bersama pasangan atau teman dan keluarga.

Berikut tips dan cara meningkatkan daya ingat Anda.

1. Olahraga

Sama seperti seorang atlet olahraga dan cukup istirahat dapat meningkatkan memori otak Anda.  Saat Anda berolahraga, maka otak Anda secara tidak langsung juga akan berolahraga.

Karena itu merawat tubuh dapat meningkatkan kemampuan mengingat Anda untuk memproses dan mengingat berbagai informasi. Anda dapat melakukan latihan fisik karena akan meningkatkan oksigen ke otak dan mengurangi resiko gangguan yang dapat menyebabkan hilangnya memori, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Olahraga juga dapat meningkatkan efek dari bahan kimia otak dan membantu melindungi sel-sel otak.

2. Tidur Teratur

Saat Anda kurang tidur, maka akan membuat Anda bermasalah dalam beroperasi secara optimal. Sehingga menyebabkan kemampuan kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir akan terganggu.

READ:  Pilihan Buah dan Sayuran Terbaik Untuk Membuat Jus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur cukup diperlukan untuk mengkonsolidasi memori sehingga memori akan tetap terjaga selama Anda tertidur

3. Luangkan Waktu

Sebagian orang mungkin berpikir cara meningkatkan memori atau daya ingat dapat dilakukan dengan cara mengerjakan teka teki silang pada beberapa majalah atau koran dan mengerjakan beberapa jenis kuis atau soal yang memiliki jenis seperti psikotes.

Tetapi tahukah Anda untuk meningkatkan memori dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti mengunjungi tempat wisata, mall atau bioskop. Bahkan dengan tertawa juga dapat meningkatkan memori otak Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia juga dapat meningkatkan kesehatan emosional dan  kesehatan otak.

Dalam satu studi terbaru dari Harvard School of Public Health, menemukan bahwa orang yang memiliki kehidupan sosial yang paling aktif  akan mengalami penurunan daya ingat atau memori paling lama.

4. Hindari Stres

Stres adalah salah satu musuh terburuk untuk otak. Jika Anda membiarkan diri Anda merasa stres sepanjang waktu maka akan menghancurkan sel-sel otak sehingga menyebabkan kerusakan hippocampus pada wilayah otak, padahal hippocampus memiliki peranan penting dalam pembentukan ingatan baru dan lama.

READ:  Cara Menjaga Otak Tetap Muda

5. Makanan

Sama seperti tubuh membutuhkan bahan bakar, begitu juga otak. Anda mungkin tahu bahwa diet dengan menggunakan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak “sehat” (seperti minyak zaitun, avacados, kacang-kacangan, ikan) dan protein akan memberikan banyak manfaat kesehatan dan juga dapat meningkatkan memori otak.

Tapi untuk kesehatan otak, Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna, halibut, trout, mackerel, sarden, dan ikan haring. Selain meningkatkan kemampuan otak, makan ikan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer.

Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging merah, susu, mentega, keju, krim asam, dan es krim, meningkatkan resiko demensia, merusak konsentrasi dan memori dan juga dapat meningkatkan resiko kerusakan kognitif.

Meminum teh hijau juga baik untuk otak karena mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengkonsumsi rutin teh hijau dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan mental, serta memperlambat pikun.

READ:  10 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

(foto: thewatchdogonline.com)