Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Loading...

manfaat buah nanasBicara soal buah nanas, langsung terbayang teksturnya yang berair, crunchy, dan tentu saja rasa manisnya yang unik.

Unik karena sedikit terasa kecut, dan biasanya perlu direndam air garam terlebih dahulu saat akan mengkonsumsi buah segarnya.

Itu supaya lidah Anda tidak terasa perih saat mengonsumsinya.

Namun bukan hanya itu keunikannya, disamping cocok dipadukan dengan beragam jenis minuman segar, buah ini bisa cocok dengan nasi goreng. Bahkan ada nasi goreng yang khusus disajikan di atas ‘piring’ nanas.

Tentu sulit menemukan paduan seperti ini pada buah-buahan manis nan berair lainnya.

Dengan segala keunikannya, nanas sejatinya merupakan buah asli Amerika Tengah dan Selatan yang mengandung enzim, vitamin A dan C serta antioksidan.

Selain menyehatkan, nanas juga ternyata memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional dan perawatan kecantikan alami.

Buah ini merupakan sumber asam alpha-hydroxy, bahan dalam krim anti-kerut yang membantu pengelupasan dan proses peluruhan kulit mati.

Terdapat beragam kandungan dalam buah nanas yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit, sebagaimana dilansir Livestrong.com sebagaimana berikut:

Enzim

Sebuah masker dari nanas yang dihancurkan dapat menawarkan manfaat aktivitas enzim pada kulit.

READ:  4 Keuntungan Mengetahui Jenis Golongan Darah Anda

Bromelain dari nanas membantu menghilangkan kulit mati pada luka bakar, demikian menurut University of Maryland Medical Center. Luka bakar yang dimaksud adalah luka bakar yang sudah berubah menjadi kulit mati dan bukannya luka bakar yang baru.

Meskipun daging nanas mengandung bromelain dalam jumlah jauh lebih sedikit daripada ekstrak bromelain, buah ini mungkin membantu menghilangkan kering dan kusam dari sel-sel kulit mati pada permukaan kulit.

Gunakanlah blender untuk membuat masker nanas dengan  tebal yang merata.

Vitamin C

Menerapkan vitamin C pada kulit kemungkinan memiliki efek menguntungkan karena sifat antioksidannya.

Krim dengan formulasi vitamin C yang tepat dapat melindungi efek penuaan sinar matahari dan mengurangi keriput, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan,demikian menurut situs New Zealand Dermatological Society, DermNet NZ.

Seperti bromelain, vitamin C dalam nanas segar tak terkonsentrasi sebagaimana pada krim anti kerut, tetapi menyediakan alternatif murah untuk perawatan kecantikan rumahan.

Makanlah setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari untuk mendapatkan cukup vitamin C, DermNet NZ menyarankan.

READ:  Nanas, Buah Tropis Kaya Manfaat

Nanas merupakan sumber yang kaya vitamin C, dan aktivitas antioksidan dapat membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tak stabil yang merusak sel dan menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Melembutkan dan menenangkan kaki

Nanas memiliki efek pengelupasan ringan karena asam buah, termasuk asam alpha-hydroxy.

Sebuah masker yang terbuat dari nanas segar dicampur dengan mint dan herbal lainnya  menciptakan efek sejuk dan menenangkan pada kaki, demikian menurut American College of Healthcare Science.

Sebuah masker untuk kaki dari nanas segar dapat membantu menghaluskan kulit kasar dan kapalan.

Biarkan campuran selama 10 menit, kemudian gunakan batu apung untuk memoles tumit dan daerah kasar lainnya. Sebuah batu apung adalah batu vulkanik berbutir halus yang mengatasi kapalan.

Pertimbangan Dalam Pemanfaatan Nanas Bagi Kecantikan

Gunakan nanas yang baru dipotong untuk perawatan kulit. Vitamin C kehilangan potensinya bila terpapar oksigen. Dinginkan sisa produk kecantikan nanas buatan sendiri dalam wadah kedap udara.

Setelah dipotong, nanas dapat bertahan di kulkas selama tiga hari. Tetap bungkus dengan rapat untuk melindunginya dari udara dan bau.

READ:  Khasiat dan Kandungan Nutrisi Menakjubkan Raspberry

Beberapa orang alergi terhadap nanas. Seperti halnya produk kecantikan, gosokkanlah sejumlah ramuan masker seukuran koin di atas kulit yang sehat dan perhatikan reaksi padanya.

Jangan gunakan ramuan ini jika terjadi kemerahan, benjolan atau pembengkakan. Jangan mengolesi nanas langsung pada luka bakar yang masih baru, pada kulit rusak atau ruam.

***

Demikian manfaat kecantikan dari buah nanas. Mengkonsumsinya menyediakan penangkal radikal bebas dan mengolahnya sebagai masker berdampak bagi kecantikan kulit.

Dengan segala manfaat buah nanas tersebut, agaknya buah nanas layak dinobatkan sebagai ‘buah kecantikan’.

(foto: Kim.Kozlowski – flickr.com)