Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Loading...

Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering Secara AlamiRambut merupakan  mahkota yang sangat berharga bagi setiap wanita.

Untuk menjaga mahkotanya agar tetap sehat, maka perlu melakukan perawatan khusus untuk kesehatannya.

Tak heran jika saat ini banyak sekali salon kecantikan yang menawarkan berbagai macam perawatan rambut, tak terkecuali juga para penata rambut yang selalu mengeluarkan inovasi terbarunya untuk memberikan solusi yang tepat untuk rambut para konsumennya.

Salah satu masalah rambut yang sering dialami para wanita adalah rambut kering. Rambut kering ini merupakan suatu kondisi dimana rambut kehilangan kelembabannya.

Biasanya masalah ini dapat dipicu oleh terlalu seringnya rambut terkena paparan sinar matahari langsung, penggunaan sisir yang rapat, penggunaan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut, dan lain-lain.

Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menghindari pemicu rambut kering tersebut. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa tips dan cara mengatasi rambut kering secara alami:

Hindari keramas dengan air hangat

Air hangat dapat mengakibatkan rambut cepat rusak, rontok dan mudah patah karena suhunya yang terlalu panas bagi rambut Anda. Air hangat juga dapat menghilangkan minyak yang dibutuhkan rambut untuk membuatnya agar tetap lembab.

READ:  Tips Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Lepaskan ikatan rambut saat tidur

Kadangkala saat Anda mempunyai rambut panjang, Anda akan senang mengikatnya agar terlihat lebih rapi. Namun kebiasaan ini terkadang terbawa hingga saat Anda tidur.

Ikatan pada rambut yang begitu kuat akan membuat rambut mudah patah karena rambut tidak dapat bernapas dengan baik setelah diikat seharian penuh. Untuk itu, ingatlah untuk melepaskan ikatan rambut Anda sebelum tidur.

Keramas secara teratur

Untuk orang dengan masalah rambut kering, terlalu sering berkeramas sangat tidak dianjurkan karena akan mengurangi produksi minyak alami yang ada pada rambut Anda.

Sehingga tidak dapat memberikan kelembapan pada rambut. Waktu keramas yang baik adalah dilakukan sebanyak 2-3 hari sekali.

Gunakan kondisioner

Untuk Anda yang berambut kering, penggunaan kondisioner setelah berkeramas dengan sampo sangat diperlukan agar dapat menutrisi tiap helai rambut Anda.

Pilihlah kondisioner khusus untuk masalah rambut kering karena akan membantu rambut Anda dalam  memproduksi minyak alami pada  kulit kepala dan rambut Anda, sehingga rambut Anda akan tetap lembab dan lembut.

READ:  3 Manfaat Donasi Darah Bagi Tubuh

Kurangi penggunaan alat penata rambut

Alat penata rambut disini adalah pengering rambut dan catokan rambut. Meskipun memberikan manfaat pada tampilan rambut Anda, alat penata rambut ini dapat menjadi ancaman pada kesehatan rambut Anda jika sering digunakan.

Aliran listrik yang kemudian berubah menjadi energi panas pada lat penata rambut tersebut akan membuat rambut Anda kehilangan cahayanya sehingga mudah rontok dan patah.

Penggunaan sisir yang tidak sesuai bagi rambut Anda juga dapat menjadi salah satu pemicu masalah rambut kering pada rambut Anda. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih alat penata rambut.

Gunakan masker rambut dari bahan alami

Rambut yang kering memerlukan perawatan rambut yang ekstra, tidak hanya dengan mencucinya secara teratur saja, namun juga perlu diberi vitamin agar tetap sehat.

Vitamin bagi rambut dapat Anda peroleh dari bahan-bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai masker rambut Anda. Bahan-bahan yang dapat digunakan adalah alpukat, madu, minyak zaitun, lidah buaya dan putih telur.

Bahan-bahan alami tersebut dipercaya dapat memberikan nutrisi dan kelembapan pada rambut Anda sehingga dapat menjadikannya lebih kuat dan berkilau sepanjang hari.