Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Loading...

manfaat bersepedaEntah itu untuk meningkatkan kesehatan atau keseimbangan, atau sebagai pilihan lingkungan, bersepeda bisa menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah Anda buat.

Tidak yakin? Berikut adalah aneka manfaat kesehatan dari bersepeda, dilansir dari Bikeradar.com.

1. Tidur lebih nyenyak

Peneliti Stanford University School of Medicine meminta penderita insomnia bersepeda selama 20-30 menit setiap hari. Hasilnya?

Waktu yang diperlukan untuk penderita insomnia tertidur berkurang setengah, dan waktu tidur meningkat hampir satu jam.

“Berolahraga di luar memaparkan Anda pada siang hari,” jelas Prof. Jim Horne dari Sleep Research Centre di Loughborough University.

“Ini membantu Anda mendapatkan ritme sirkadian kembali sinkron, dan juga menyingkirkan kortisol, hormon stres yang dapat mencegah tidur nyenyak.”

2. Nampak lebih muda

Para ilmuwan di Stanford University telah menemukan bahwa bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit Anda terhadap efek berbahaya dari radiasi UV dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Dermatologist Harley Street, Dr. Christopher Rowland Payne menjelaskan bahwa peningkatan sirkulasi melalui latihan memberikan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit dengan lebih efektif, sekaligus mengeluarkan racun berbahaya.

Latihan juga menciptakan lingkungan yang ideal dalam tubuh untuk mengoptimalkan produksi kolagen, membantu mengurangi munculnya keriput dan mempercepat proses penyembuhan.

Akan tetapi, jangan lupa mengaplikasikan SPF 30 sebelum Anda pergi.

3. Meningkatkan kinerja usus dan pencernaan

Menurut para ahli dari Bristol University, manfaat bersepeda sebenarnya sangat banyak.

“Aktivitas fisik membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus besar, membatasi jumlah air yang diserap kembali ke dalam tubuh Anda dan meninggalkan Anda dengan kotoran lembut, yang lebih mudah keluar,” jelas Dr. Ana Raimundo, gastroenterologist Harley Street.

Selain itu, latihan aerobik mempercepat pernapasan dan detak jantung, yang membantu untuk merangsang kontraksi otot usus. “Serta mencegah Anda dari perasaan kembung, ini membantu melindungi Anda terhadap kanker usus,” kata Dr. Raimundo.

4. Meningkatkan kekuatan otak Anda

Peneliti dari Illinois University menemukan bahwa peningkatan lima persen dalam kesehatan pernapasan kardio dari bersepeda menyebabkan peningkatan hingga 15 persen pada tes mental.

READ:  Ketahui 6 Fakta Penting Tentang Glaukoma Sebelum Merenggut Penglihatan Anda

Itu karena bersepeda membantu membangun sel-sel otak baru di hippocampus – daerah yang bertanggung jawab untuk memori, yang semakin memburuk sejak usia 30 tahun.

“Ini meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, yang membakar dan melahirkan reseptor, menjelaskan bagaimana olahraga membantu menangkal Alzheimer,” kata penulis studi tersebut, Prof. Arthur Kramer.

5. Mengalahkan penyakit

Lupakan apel! “Olahraga ringan membuat sel-sel kekebalan tubuh lebih aktif, sehingga mereka siap untuk melawan infeksi,” kata Cath Collins, kepala ahli gizi di Rumah Sakit St. George di London.

6. Hidup lebih lama

King College London membandingkan lebih dari 2.400 kembar identik dan menemukan mereka yang melakukan setara dengan tiga kali 45 menit perjalanan dalam seminggu sembilan tahun lebih muda secara biologis, bahkan setelah dihitung dengan pengaruh lain, seperti indeks massa tubuh (BMI) dan merokok.

“Mereka yang berolahraga secara teratur memiliki risiko jauh lebih rendah dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi dan obesitas,” kata Dr. Lynn Cherkas, yang melakukan penelitian. “Tubuh menjadi jauh lebih efisien dalam bertahan dan meregenerasi sel-sel baru.”

READ:  Ini Kriteria Ketika akan Membeli Sepeda Baru

7. Meningkatkan gairah seks Anda

Menjadi lebih aktif secara fisik meningkatkan kesehatan pembuluh darah Anda, yang memiliki efek dalam meningkatkan gairah seks, menurut pakar kesehatan di Amerika Serikat.

Satu studi dari Cornell University juga menyimpulkan bahwa atlet pria memiliki kecakapan seksual 2-5 tahun lebih muda, dengan wanita yang sehat secara fisik, menunda menopause dengan jumlah waktu yang sama.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan di Harvard University menemukan bahwa pria berusia di atas 50 tahun yang bersepeda setidaknya selama tiga jam seminggu memiliki resiko 30 persen lebih rendah dari impotensi dibandingkan mereka yang melakukan latihan kecil.

8. Menyehatkan ibu hamil dan janin

“Tidak ada keraguan bahwa olahraga ringan seperti bersepeda selama kehamilan membantu kondisi ibu dan melindungi janin,” kata Patrick O’Brien, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.

9. Menyehatkan jantung

Studi dari Purdue University di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 50 persen.

Dan menurut British Heart Foundation, sekitar 10.000 serangan jantung fatal bisa dihindari setiap tahun jika orang terus bugar. Bersepeda hanya 20 mil per minggu mengurangi resiko penyakit jantung kurang dari setengah dari mereka yang tidak latihan, katanya.

10. Membakar lebih banyak lemak

Physiologist telah menemukan bahwa tingkat metabolisme tubuh – efisiensi dalam membakar kalori dan lemak – tidak hanya muncul selama bersepeda, tapi beberapa jam setelahnya.

READ:  Apa itu Memar dan Bagaimana Mengobatinya

“Bahkan setelah bersepeda selama 30 menit, Anda bisa membakar jumlah yang lebih tinggi dari total kalori selama beberapa jam setelah Anda berhenti,” kata Mark Simpson, physiologist dari Loughborough University.

Satu studi terbaru menunjukkan bahwa pesepeda yang bersepeda dengan interval cepat membakar 3,5 kali lebih banyak lemak tubuh dibandingkan mereka yang bersepeda terus-menerus tapi pada kecepatan yang lebih lambat.

11. Membuat bahagia

“Setiap olahraga ringan sampai sedang melepaskan endorfin alami yang membantu melawan stres dan membuat Anda bahagia,” jelas Andrew McCulloch, chief executive dari Mental Health Foundation.

12. Menghilangkan kelelahan

Anda merasa lelah? Bersepedalah dan rasakan kelelahan tersebut akan berkurang. Penasaran?

Sebuah tinjauan dari 12 studi tentang hubungan antara olahraga dan kelelahan yang dilakukan antara tahun 1945 dan 2005 menemukan bahwa olahraga secara langsung menurunkan tingkat kelelahan. Menarik, bukan?

Ayo bersepeda dengan rutin dan rasakan aneka manfaatnya!

(foto: cumicumi.com)