Tips Mencegah Keriput dengan Pijat Wajah

Loading...

pijat wajahTentu tak elok dipandang ketika keriput mulai menghiasi wajah di usia yang relatif masih muda. Selain merusak penampilan juga akan menurunkan rasa percaya diri Anda bukan?

Pada umumnya, keriput timbul di wajah disebabkan oleh faktor usia. Akan tetapi ada pula keriput timbul lebih cepat, yang terkadang disebut sebagai penuaan dini.

Beberapa penyebab penuaan dini adalah kebiasaan buruk seperti malas membersihkan makeup wajah, kurang tidur dan gaya hidup yang tidak sehat.

Apa cara terbaik untuk menyingkirkan keriput? Memang ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, menggunakan krim anti penuaan, menjalankan diet atau detoksifikasi dan masih banyak lagi. Yang paling banyak dipilih oleh para wanita adalah membeli produk-produk kecantikan berharga mahal yang diklaim dapat mencegah keriput dan penuaan dini.

Namun dalam artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mencegah dan atau menghindari timbulnya kerutan pada kulit melalui pijatan. Pijat wajah baik untuk dilakukan secara rutin karena memiliki banyak khasiat kecantikan untuk wanita.

READ:  7 Cara Mudah dan Efektif Mencegah Keriput di Sekitar Mata

Selain mencegah penuaan dini, pijat wajah juga akan membantu mengurangi stres, memperlancar aliran darah, membantu menyembuhkan sinusitis dan sakit kepala. Pijat wajah secara rutin akan membuat otot-otot wajah yang tegang akan lebih relaks sehingga akan mengurangi keriput pada wajah Anda.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mecegah timbulnya keriput di wajah adalah:

1. Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih yang mengandung scrub agar sel-sel kulit mati yang menumpuk bisa diangkat dengan sempurna. Gosok wajah secara perlahan dan memutar searah jarum jam.

2. Selanjutnya bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin.

3. Tepuk-tepukkan handuk atau kain lembut agar air sisa bilasan bisa meresap sempurna. Ingat! Jangan digosok, cukup tepukkan perlahan.

4. Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada telapak tangan dan ratakan ke seluruh bagian wajah.

5. Pijat wajah (bagian pipi) secara memutar searah jarum jam lalu turun ke bagian dagu dan leher (untuk mencegah timbulnya double chin).

6. Untuk mengurangi tekanan pada bagian dahi dan hidung, gunakan jari jempol dan tengah untuk memijat bagian tersebut.

READ:  Tips dan Cara Merawat Kulit dan Mengurangi Keriput

7. Ulangi dengan menyilang kedua tangan. Pijat kembali dahi dan bagian bawah mata dengan menggunakan jempol secara lembut.

8. Lakukan selama 15 menit.

9. Setelah pijatan selesai, bersihkan wajah dengan menggunakan handuk kecil atau waslap yang dibasahi dengan air hangat.

10. Terakhir, percikkan air es ke kulit wajah setelah selesai membersihkan sisa minyak zaitun pada wajah. Biarkan air meresap ke dalam kulit sembari ditepuk-teuk dengan tangan.

**

Selain merelaksasi otot wajah, rutin melakukan pijat wajah juga bisa membantu memperlambat proses penuaan dini dengan cara mencegah atau menghindari timbulnya keriput.

Sangat direkomendasikan untuk menjalani gaya hidup sehat, kurangi rokok dan alkohol, berolahraga secara rutin, istirahat cukup, mengonsumsi sayurah, buah-buahan dan penuhi asupan air putih setiap harinya. Dan jangan lupa menggunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

Selamat mencoba.