Kebiasaan Makan yang Dapat Berakibat Diabetes

Loading...

kebiasaan makan yang burukDengan semua rutinitas dan aktivitas sehari-hari akan membuat Anda sedikit sulit menikmati waktu senggang atau membuat hidup Anda lebih bahagia.

Terlebih lagi bagi Anda yang hidup di daerah perkotaan. Traffic jam, masalah kantor, masalah rumah tanggal, sosialisasi, dan tingkat stres yang tinggi akan semakin menambah beban.

Semakin sedikitnya waktu luang yang bisa Anda nikmati sehari-hari, sdikit banyak akan berimbas pada gaya hidup Anda. Tidak sempat berolahraga, tidur larut malam, bahkan makan pun akan terburu-buru.

Anda mungkin pernah merasakan bagaimana dikejar deadline? Untuk makan siang atau makan malam pun harus di meja kerja, saking tidak inginnya waktu tersia-sia. Belum lagi jika yang dikonsumsi adalah junkfood atau makanan cepat saji.

Nah, kebiasaan makan seperti ini tentu tidak sehat dan memberi peluang penyakit menyerang pertahanan tubuh Anda, di antaranya adalah penyakit diabetes.

Berikut beberapa kebiasaan makan yang dapat membuat Anda menderita diabetes tanpa Anda sadari.

Melewatkan Sarapan Pagi

Siapa yang tidak tahu mengenai ungkapan ‘Sarapan pagi adalah raja, makan siang pangeran, dan makan malam orang miskin?”.

READ:  Depresi Dapat Menaikkan Resiko Gula Darah Rendah Pada Penderita Diabetes

Hal ini dapat menjadi alasan kebiasaan makan buruk cukup kuat. Karena saat Anda melewati sarapan pagi, maka pada malam hari Anda akan keluar kamar dan mencari berbagai macam makanan yang akan dibawa ke kamar untuk dimakan.

Kebiasaan makan tengah malam akan berakibat obesitas dan menjadi penyebab diabetes.

Makanan Manis

Jika Anda gemar mengkonsumsi makanan manis seperti susu coklat dan tiramisu cakes maka akan menjadi salah satu penyebab diabetes.

Kurangi mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan. Disamping menyebabkan diabetes, makanan manis juga dapat merusak gigi dan membuat Anda menjadi gemuk.

Junk Food

Junk food, siapa yang tidak suka? Ayam goreng, nasi goreng dan pizza menjadi kegemaran semua usia.  Tetapi mengkonsumsi junk food yang mengandung banyak minyak dan lemak tidak sehat dapat membuat Anda terkena diabetes tipe 2.

Walaupun junk food memiliki rasa yang enak, cepat dalam penyajian dan sebagian dari junk food ramah kantong tapi mengkonsumsinya secara berlebihan sangat berbahaya.

Jadwal Makan yang Tidak Teratur

Jika Anda makan tidak teratur maka metabolisme tubuh Anda akan terganggu.

READ:  Manfaat Peningkatan Massa Otot Bagi Tubuh Anda

Misalnya saja, hari ini Anda makan tiga kali dalam sehari , kemudian untuk beberapa waktu ke depan jadwal makan Anda menjadi enam kali sehari dan keesokannya lagi Anda tidak makan, maka secara tidak langsung akan membuat tubuh Anda merasa bingung.

Hal ini akan menjadi salah satu penyebab diabetes tanpa Anda sadari, apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

(foto: life.dailyburn.com)