Tips dan Cara Mengatasi Stres di Perkotaan

Loading...

mengatasi stresHidup di perkotaan tidak selamanya enak. Tingkatan stres bagi seseorang yang tinggal di kota rupa-rupanya akan lebih tinggi dibanding mereka yang tinggal di pedesaan.

Sebuah penelitian di Belanda bahkan menyebutkan bahwa skizofrenia, gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak akan lebih rentan terjadi pada orang yang lahir dan besar di perkotaan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol, atau sering juga disebut hormon stres yang cenderung dialami orang-orang perkotaan. Namun tentunya ada pula solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Kami berbagi tips dan cara mengatasi stres untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan.

Atasi Polusi Suara

Suatu penelitian menyebutkan bahwa suara-suara keras yang dihasilkan sebuah alat transportasi seperti klakson mobil yang kadang terdengar dan tiba-tiba menghilang ternyata memiliki peran dalam meningkatkan hormon stres hingga 90 menit.

Namun hal itu sebenarnya dapat Anda atasi dengan membawa pikiran Anda ke hal-hal yang Anda sukai, karena dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dan merasa lebih tenang sehingga mampu mencegah peningkatan hormon stres tersebut.

READ:  Radiasi Ponsel

Cara ini disebut sebagai “respon relaksasi”, yang terbukti ampuh dan memiliki efek yang sama dengan meditasi.

Pandangi Rumput Hijau

Di kota, sangat jarang ditemukan pemandangan-pemandangan hijau yang dapat Anda nikmati. Inilah salah satu penyebab meningkatnya hormon stres.

Penelitian yang dilakukan di University of Michigan menunjukkan bahwa sekumpulan narapidana akan merasa lebih tenang ketika mereka dibiarkan menikmati pemandangan hijau. Selain itu dengan mencoba meluangkan waktu untuk berjalan kaki sambil menikmati pemandangan hijau terbukti mampu meningkatkan mood Anda.

Jadi sesering mungkin manjakanlah mata Anda dengan pemandangan-pemandangan alam yang hijau. Luangkan waktu Anda di taman-taman kecil atau kebun rumah Anda.

Sebaiknya letakkan beberapa tanaman hijau di dalam ruangan Anda agar tingkat stres dan kecemasan dapat menurun.

Bersepeda dan Jalan Kaki

Terlalu banyak kendaraan bermesin yang dapat ditemukan di kota. Tentunya transportasi seperti itu akan memudahkan segala urusan Anda.

Sayangnya dengan mengendarai kendaraan bermesin seperti mobil atau motor, perjalanan Anda akan terasa lebih panjang dan lebih padat terutama bila Anda terjebak dalam kemacetan. Hal ini menjadi salah satu alasan meningkatnya hormon stres dalam diri Anda.

READ:  Stres Bisa Diatasi dengan Cara Ini, Coba deh!

Maka dari itu, ketika Anda ingin melakukan aktivitas, sesekali cobalah untuk bersepeda atau berjalan kaki. Aktivitas atletik seperti itu dapat Anda manfaatkan sebagai media relaksasi.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan yaitu Anda bisa menghindari macetnya lalu lintas dan padatnya transportasi.

**

Stres yang timbul karena tinggal di daerah perkotaan tentu sangat menganggu. Stres menghadapi trafik lalulintas dengan suara bising, diperparah oleh tumpukan pekerjaan kantor yang terus bertambah. Apalagi jika ditambah lagi dengan masalah keluarga yang tak kunjung kelar. Semacam lingkaran setan.

Penting bagi Anda untuk relaksasi menenangkan diri dan memperoleh me time. Sebuah waktu yang hanya dikhususkan untuk Anda sendiri, melakukan berbagai kegiatan yang merupakan hobi Anda. Anda bisa membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, merajut, memasak, berkebun atau melakukan kegiatan lain.

Intinya adalah, temukan waktu untuk diri Anda sendiri dan enjoy!

(foto: theamericanwomanmagazine.com)