Solusi Alami Mengatasi Alergi saat Hamil

Loading...

mengatasi alergi saat hamilDebu, serbuk sari bunga, dan polusi merupakan sebagian faktor yang dapat menyebabkan alergi.

Bagi seorang wanita yang sedang hamil, akan terjadi banyak perubahan pada dirinya baik fisik maupun mental, tubuh menjadi lebih sensitif dan nyeri badan pun kadang tiba-tiba menyerang.

Alergi dapat terjadi pada siapa saja, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Salah satu bentuk alergi yang paling umum terjadi saat kehamilan adalah hidung tersumbat, karena terjadi peningkatan hormon dan volume darah.

Namun ketika terserang alergi, Anda tidak boleh mengobatinya dengan obat-obatan seperti yang sering Anda konsumsi. Hal ini bisa saja memberikan dampak yang buruk bagi bayi Anda.

Jadi selama masa kehamilan, pilihlah pengobatan alami yang aman dan tidak memiliki efek samping untuk Anda maupun untuk calon buah hati Anda.

Ada beberapa tips yang perlu Anda ingat jika terserang alergi pada masa kehamilan.

  • Sebaiknya hindari penggunaan karpet di rumah karena karpet dapat menjadi sumber debu yang bisa menyebabkan alergi.
  • Ganti sprei kasur Anda setiap minggu untuk menghindari debu yang bertumpuk.
  • Gunakan sabun herbal anti bakteri untuk menghindari alergi selama kehamilan.
READ:  Ketahui 9 Titik Kuman di Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa solusi alami yang dapat mengatasi alergi pada masa kehamilan.

Mandi Uap

Uap dapat membunuh bakteri dan membantu mencegah terjadinya alergi pada ibu hamil. Terutama ketika Anda mengalami hidung tersumbat yang tentunya akan sangat mengganggu.

Anda bisa mengumpulkan uap dari shower kamar mandi, hal ini terbukti mampu membuat Anda bernafas lebih mudah, menyegarkan serta memberikan efek yang menenangkan.

Membasuh Wajah

Basuhlah wajah Anda dengan menggunakan air hangat paling tidak dua kali sehari. Cara ini sebenarnya memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan jika Anda melakukan mandi uap. Tubuh Anda akan menjadi lebih rileks dan dapat mengurangi stres dalam diri.

Teh Peppermint

Ini adalah jenis teh herbal yang dapat membantu mencegah timbulnya gejala-gejala infeksi virus dan alergi. Teh peppermint juga bisa membantu memperlancar pernapasan Anda, mengobati batuk dan mengurangi masalah sinus.

Menutup Jendela

Kuman dan bakteri di udara dapat memicu alergi. Jadi sebaiknya tutuplah jendela Anda agar debu yang berasal dari luar rumah Anda tidak dapat masuk.

READ:  Mengenal Alergi Susu

Jika Anda ingin melakukan aktivitas di luar rumah, tutuplah mulut Anda dengan masker atau syal guna mencegah alergi.

Bersihkan Tirai dan Sprei

Ganti atau bersihkan tirai dan sprei Anda setiap minggu dengan menggunakan air hangat. Hal ini dapat membantu mengurangi timbulnya bakteri jahat penyebab alergi.

Hindari Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, jauhilah untuk sementara waktu karena itu bisa menjadi salah satu faktor penyebab Anda terserang alergi pada masa kehamilan. Jika Anda merasa alergi terhadap bulu hewan, potonglah bulunya.

**

Nah, seperti yang telah diketahui, ketika hamil tubuh akan menjadi lebih sensitif. Ada jenis makanan tertentu seperti terong, kacang atau bahkan susu yang dapat menjadi penyebab alergi pada wanita hamil.

Yang perlu Anda lakukan adalah berhati-hati, jauhi makanan yang perlu dihindari. Dan terapkan solusi alami untuk mengatasi alergi selama kehamilan seperti yang diinformasikan di atas.

Semoga bermanfaat.