Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Kecantikan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat minyak zaitunKetika melakukan riset sebagai bahan untuk bukunya, Barbara Hannah Grufferman, penulis ‘The Best of Everything After 50‘, mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan beberapa ahli perawatan kulit terbaik, termasuk Dr. Patricia Wexler dan Dr. Doris Day. Keduanya mengatakan bahwa kunci untuk kulit cantik adalah: mengeksfoliasi, melembabkan dan melindungi.

Ada banyak sekali produk perawatan kulit di pasaran yang dapat menangani tugas-tugas ini, dalam rentang harga yang berbeda tentunya. Namun, rahasia kecantikan favoritnya adalah menggunakan minyak zaitun pada hampir setiap bagian tubuh, di dalam maupun di luar.

Minyak zaitun telah digunakan selama ribuan tahun dalam budaya Mediterania. Yunani Kuno tahu kekuatannya untuk menyembuhkan luka, dan akhirnya mereka menggunakannya untuk lampu minyak ringan, untuk memasak, dan untuk kecantikan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa minyak zaitun disebut “cairan emas”, dilansir dari Huffingtonpost:

Pada Tubuh

Beli botol plastik dan isi dengan minyak zaitun extra-virgin terbaik yang dapat Anda temukan. Tambahkan dengan beberapa tetes minyak lavender untuk aroma. Inilah yang dapat Anda lakukan dengan itu:

Kulit Kering

Eksfoliasi tubuh Anda dengan sedikit minyak zaitun dan gula pasir pada kain (resapi dengan beberapa tetes lavender, jika Anda ingin) dan pijat dengan lembut. Hasilnya? kulit halus seperti beludru. Jika kulit wajah Anda kering, ambil satu tetes minyak zaitun di tangan Anda, dan tepuk dengan lembut ke seluruh wajah Anda. Anda akan memiliki kulit yang lembut dan lembab, tetapi tidak berminyak.

Kaki dan siku ekstra kering

Pertama, eksfoliasi kedua daerah dengan gula pasir. Kemudian, pijat dengan sedikit minyak zaitun extra virgin pada siku dan kaki (terutama tumit) setiap malam. Anda akan melihat perubahan yang luar biasa.

Ruam, terbakar matahari, luka atau gigitan serangga

Terapkan lapisan tipis minyak zaitun dengan lembut dan biarkan. Ini membantu gatal dan mempercepat penyembuhan. Bagus juga untuk ruam popok.

Makeup remover

Ini adalah cara terbaik dan paling lembut untuk menghapus riasan dari wajah Anda, bahkan mata Anda. Minyak zaitun dapat menghapus maskara waterproof terberat tanpa bahan kimia atau sabun yang dapat mengiritasi mata. Reaksi alergi terhadap minyak zaitun praktis tidak ada.

Kutikula

Rendam kuku Anda dalam nampan kecil minyak zaitun. Hal ini akan melembutkan kutikula, membuatnya lebih mudah didorong selama manicure. Hindari memotong kutikula karena dapat menyebabkan infeksi atau iritasi.

Mencukur

Entah mencukur rambut di wajah atau kaki Anda, menerapkan lapisan tipis minyak zaitun pada kulit basah adalah pilihan yang baik.

Rambut kering

Gunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut. Minyak zaitun adalah kondisioner rambut yang paling efektif, terutama untuk rambut yang sudah diwarnai dan blowdrying. Pijat beberapa ke rambut, dan bungkus dengan handuk panas di sekitarnya. Biarkan selama satu jam atau lebih, dan cuci seperti biasa.

Bila rambut Anda benar-benar kering, tambahkan beberapa tetes di tangan Anda, gosokkan sedikit ke rambut Anda. Hasilnya? Rambut tampak sehat dan berkilau.

Ketombe

Pijat lapisan tipis minyak zaitun ke kulit kepala Anda dan biarkan selama beberapa jam sebelum dicuci. Jika bayi Anda memiliki cradle cap, kondisi kulit yang sangat umum pada kulit kepala, terapkan lapisan minyak zaitun setiap hari sampai ia hilang.

Dalam Tubuh

Simpan botol minyak zaitun extra-virgin di dapur Anda untuk kesehatan yang baik, serta untuk memasak. Berikut ini alasannya:

Berat badan

Banyak orang, terutama dari Mediterania, minum ¼ cangkir minyak zaitun extra-virgin setiap pagi, diikuti dengan segelas kecil air hangat yang dicampur dengan jus lemon segar. Hal ini membantu untuk membersihkan tubuh, dan memulai sistem.

Mencegah penyakit jantung dan stroke

FDA melaporkan bahwa dengan menelan minyak zaitun setiap hari, Anda dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Minyak zaitun mengandung hingga 80 persen asam lemak tak jenuh tunggal, yang membantu untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Minyak zaitun extra-virgin memiliki sifat antioksidan tambahan yang memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung.

Mengurangi batu empedu

Menurut “Divine Prescription and Science of Health and Healing“, oleh Gunther B. Paulien, konsumsi minyak zaitun merangsang produksi empedu dan sekresi pankreas yang secara drastis mengurangi pembentukan batu empedu.

Mencegah kanker

Sebuah artikel dalam International Journal of Cancer menyatakan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar.

Minyak zaitun mengandung asam oleat dan fenol lain yang memiliki manfaat antioksidan dalam tubuh. Antioksidan membersihkan tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan bahkan dapat menyebabkan beberapa bentuk kanker.

Penyakit Alzheimer

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University dalam hubungannya dengan Monell Chemical Senses Center menunjukkan bahwa senyawa alami dalam minyak zaitun – oleocanthal – dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit Alzheimer.

Oleocanthal sebenarnya mengubah struktur protein neurotoksik yang dipercaya berkontribusi pada efek melemahkan Alzheimer.

Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan minyak zaitun sebagai lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk mengelola diabetes dan Food Information Council di Eropa melaporkan bahwa minyak zaitun bisa mengurangi kadar glukosa darah.

(foto: markspixels.com)

READ:  Tips Tampil Cantik dan Segar di Usia 20an