Manfaat Beeswax dan Efek Sampingnya

Loading...

manfaat lilin lebahBeeswax atau lilin lebah adalah produk yang terbuat dari sarang lebah madu dan lebah lainnya. Tiga produk utama dari lebah lilin yaitu lebah lilin berwarna kuning, putih, dan mutlak.

Lebah kuning adalah lilin yang dibuat langsung dari madu yang berasal dari sarang lebah.

Lilin lebah putih terbuat dari lilin lebah kuning karena melalui proses penyaringan hingga berwarna putih.

Sedangkan untuk lilin lebah mutlak yaitu lilin lebah yang dibuat dari lilin lebah kuning yang dicampur dengan alkohol.

 1. Manfaat Lilin Lebah Untuk Kesehatan

Lilin lebah dapat mengobati penyakit seperti wasir. Para ahli merekomendasikan untuk menggabungkan lilin lebah dengan minyak calendula dan minyak zaitun untuk pengobatan wasir.

Anda juga dapat menggunakan madu dan minyak zaitun untuk membuat aplikasi topikal untuk wasir. Lilin ini juga sangat efektif dalam menghilangkan gatal dan mengurangi perdarahan yang disebabkan oleh wasir.

Selain wasir, lilin lebah juga dapat digunakan sebagai salah satu obat seperti dapat menurunkan kolesterol, menghilangkan rasa sakit, pembengkakan (inflamasi), maag, diare, dan cegukan. Lilin lebah juga sangat baik untuk menghilangkan gejala insomnia dan depresi.

Perlu Anda ketahui lilin lebah kuning dan putih juga digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik yang berguna sebagai pengental, emulsifier, dan untuk membekukan kosmetik. Sedangkan untuk beeswax mutlak digunakan sebagai wewangian dalam sabun dan parfum.

2. Manfaat Lilin Lebah Untuk Rambut

Lilin lebah merupakan pengobatan alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut seperti membuatnya lebih tebal, menambah volume rambut Anda sekaligus menjaga kelembutan rambut, mengkilap, dan lebih mudah diatur.

Lilin lebah juga melindungi rambut dari kerusakan akibat polisi atau sengatan sinar matahari secara langsung. Karena itu lilin lebah banyak digunaakan dalam beberapa produk seperti shampoo, conditioner, balm, pomades, pengemulsi, dan produk untuk perbaikan rambut.

3. Manfaat Lilin Lebah untuk Kulit

Lilin lebah umumnya digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit untuk meningkatkan kondisi dan tekstur kulit. Selain itu lilin lebah juga memiliki sejumlah manfaat dalam mengobati masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan kulit kering.

Lilin lebah membantu untuk tetap membuat kulit Anda tetap lembab, mengganti sel kulit yang mati dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari. Kandungan anti- bakteri, anti- inflamasi, dan sifat antioksidan yang terdapat dalam lilin madu sangat bermanfaat bagi kulit.

Beberapa manfaat utama dari lilin lebah untuk perawatan kulit adalah sebagai berikut:

  • Jerawat

Lilin lebah dapat mengobati jerawat secara efektif. Kandungan antiseptik yang kuat, penyembuhan, dan anti- inflamasi sangat efektif dalam pengobatan jerawat.

Lilin madu juga berisi vitamin A yang merupakan keuntungan tambahan dalam pengobatan jerawat.

Selain itu lilin lebah juga sangat baik untuk membuat kulit tetap lembut dan emolien yang terkandung di dalamnya membantu mempertahankan kelancaran tekstur kulit setelah jerawat hilang.

  • Kulit kering

Kemampuan lilin lebah untuk menjaga kelembaban telah membuatnya menjadi sebuah unsur penting dalam berbagai lotion dan krim untuk mengobati kulit kering. Selain itu, vitamin A dan emolien membantu dalam perkembangan sel kulit agar tetap sehat.

Lilin lebah adalah pelembab alami yang tidak hanya berguna untuk kulit kering, tapi juga membantu mencegahnya. Anda dapat menggabungkan lilin lebah dengan minyak almond dan beberapa tetes minyak yang mengandung vitamin E untuk mengatasi kulit kering.

  • Eksim

Lilin lebah adalah salah satu solusi untuk pengobatan masalah kulit seperti eksim yang menyebabkan gatal dan ruam pada kulit. Eksim adalah penyakit yang membuat kulit Anda sangat kering akibat cuaca dingin.

Tetapi dengan lilin lebah, Anda dapat membuat sedikit racikan pelembab dengan cara mencampurkan lilin lebah, minyak zaitun, dan madu untuk menyembuhkannya dan juga menghindari infeksi dan peradangan.

  •  Perawatan Bibir

Pelembab alami pada lilin lebah berguna untuk membuat bibir lebih lembab. Anda dapat dengan mudah mengobati masalah seperti bibir pecah- pecah dengan bantuan topikal lilin lebah.

Anda dapat membuat sendiri lip balm dengan menggabungkan lilin lebah dengan minyak vitamin E, minyak kelapa, madu, dan minyak esensial dengan sedikit tambahan peppermint atau lemon.

  • Stretch Mark

Stretch mark adalah keluhan umum terutama setelah kehamilan atau karena kenaikan berat badan atau penurunan berat badan yang dikeluhkan oleh beberapa wanita.

Anda dapat menggunakan lilin lebah dengan bibit gandum minyak, minyak vitamin E, aprikot kernel minyak, dan mentega kakao untuk membuat obat alami untuk mencegah dan mengobati stretch mark

Efek Samping Dari Lilin Lebah

Disamping memberikan banyak manfaat, ternyata lilin lebah juga memiliki beberapa efek samping untuk kesehatan yaitu alergi.

Reaksi alergi yang diakibatkan karena lilin lebah memang jarang terjadi, namun untuk Anda yang alergi terhadap madu atau produk yang berasal dari lilin lebah harus menghindari menggunakan produk yang berasal atau mengandung lilin lebah.

Reaksi alergi yang terjadi biasanya seperti kulit yang kemerahan atau ruam pada kulit.

(foto: pure-beeswax.com)

READ:  Tidur Nyaman Saat Hamil? Tentu Saja Bisa!