Tips Memilih Minyak Zaitun yang Tepat

Loading...

jenis minyak zaitunAda banyak jenis minyak zaitun. Extra virgin, virgin, pomace, organic… dan banyak lagi. Jika Anda bingung mana yang harus Anda beli, Anda tidak sendirian.

Seperti dilansir dari Olive Oil Source, ada beberapa kunci untuk memilih minyak zaitun yang tepat: pertama adalah mengetahui jenis minyak zaitun yang tersedia, yang kedua mempertimbangkan untuk apa ia digunakan.

Mempelajari nilai yang berbeda dari minyak zaitun dan karakteristiknya akan membantu Anda memahami apa yang Anda baca di label.

Selanjutnya menentukan jenis minyak terbaik yang sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Apakah Anda membeli minyak zaitun untuk dipercikkan pada sepotong roti panggang, untuk digunakan pada kulit Anda, untuk membuat sabun, atau membakar di lampu minyak?

Kegunaan yang berbeda mungkin memerlukan jenis minyak zaitun yang berbeda. Pertanyaannya adalah: minyak mana untuk apa?

Meskipun ada banyak nilai dan definisi, kami ingin menekankan beberapa poin yang dianggap paling relevan bagi Anda sebagai konsumen. Faktor yang paling penting adalah untuk memahami bagaimana minyak diperoleh dari zaitun.

Minyak zaitun diperoleh dari zaitun saja, hanya menggunakan sarana mekanis atau fisik lainnya, dalam kondisi sangat panas, yang tidak mengubah minyak dengan cara apapun. Ia merupakan sari buah murni.

Refined olive oil diperoleh dengan memperlakukan minyak zaitun kualitas rendah atau cacat dengan penggunaan arang dan bahan kimia lainnya dan filter fisik. Tidak ada pelarut yang digunakan dalam proses pemurnian.

READ:  6 Ciri Dan Gejala Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Meskipun mungkin membingungkan, Anda harus menyadari bahwa istilah minyak zaitun, bila digunakan sendiri, mengacu pada campuran refined olive oil dan virgin olive oil.

Pomace adalah daging dan biji sisa setelah proses ekstraksi. Menurut IOOC, semua minyak zaitun pomace diperoleh dengan memperlakukannya dengan pelarut atau perlakuan fisik lainnya. Dalam kategori minyak zaitun pomace, minyak diberi label khusus karena merupakan campuran dari virgin olive oil and refined pomace oil.

Untuk Digunakan Sebagai Bumbu (Tanpa Pemanasan)

Minyak zaitun extra virgin berkualitas tinggi sangat cocok sebagai bumbu, dipercikkan di atas ikan, daging, sayuran kukus atau kentang panggang, dalam saus salad, roti, sebagai dasar untuk mayones dan saus mentah.

Anda dapat membeli minyak zaitun extra virgin yang kuat, sedang, atau ringan dan produk lainnya.

Tips penyimpanan:

  • Karena cahaya dan panas merugikan minyak, simpan minyak Anda di tempat yang gelap, tempat yang sejuk, jauh dari kompor.
  • Kaca gelap melindungi minyak dari cahaya, termasuk halogen dan lampu neon, jauh lebih baik daripada kaca bening.
  • Waspadai minyak zaitun dalam botol bening di rak toko.

Untuk Menggoreng, Menumis

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih minyak untuk tujuan ini. Yang pertama adalah bahwa, di antara minyak zaitun, extra virgin memiliki titik asap tertinggi (yaitu, mentolerir panas tinggi), tetapi saat ini bervariasi bahkan di antara minyak zaitun extra virgin tergantung pada keasamannya.

READ:  Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Kecantikan dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Pertimbangan kedua adalah bahwa pemanasan minyak akan menghancurkan banyak rasa dan aroma, sehingga tidak ada gunanya membeli minyak yang mahal. K

ami menyarankan menggunakan extra virgin atau virgin olive oil untuk menumis, pilih yang murah, minyak yang hambar dengan titik asap tinggi untuk menggoreng – sesuatu seperti kanola, kedelai atau minyak kacang.

Untuk Manfaat Kesehatan

Jika Anda terutama tertarik pada aspek manfaat kesehatan minyak zaitun, pilihan terbaik adalah minyak zaitun extra virgin. Sebaiknya kualitas yang sangat tinggi, karena kemungkinan metode produksinya meninggalkan sebagian besar antioksidan dan komponen sehat lainnya secara utuh.

Semakin baru minyak dibuat, semakin baik, jadi pastikan untuk memilih satu dengan tanggal “Best By“. Sebaiknya pilih minyak zaitun extra virgin yang disertifikasi oleh COOC.

Salah satu manfaat terbesar dari minyak zaitun extra virgin adalah kandungan antioksidannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa antioksidan dalam minyak zaitun adalah pahit. Semakin tinggi kandungan antioksidannya, semakin pahit rasanya.

Untuk Digunakan Pada Kulit

Minyak zaitun telah digunakan selama ribuan tahun sebagai produk kecantikan bagi kulit dan rambut. Jika Anda menggunakannya sebagai pelembab, sebaiknya pilih kualitas minyak zaitun extra virgin yang tinggi.

READ:  6 Aplikasi Pisang untuk Kulit Sehat Cantik

Pure dan light olive mungkin telah diproses secara kimia. Beberapa orang menuangkan sedikit minyak zaitun dalam air mandi mereka: pilihan yang baik untuk ini adalah virgin atau refined olive oil.

Untuk Membuat Sabun

Kebanyakan orang menggunakan sabun pomace atau refined untuk membuat sabun minyak zaitun karena harganya lebih murah dan sifat saponifikasinya lebih baik.

Jika Anda menggunakan minyak zaitun, pastikan bahwa minyak relatif segar, jika tidak, sabun Anda dapat mengembangkan DOS (Dreaded Orange Spots). Bintik-bintik jingga muncul pada sabun setelah beberapa minggu produksi jika minyak terlalu tua, bahkan jika itu terlihat normal dan tidak berbau atau tidak tampak tengik.

Untuk Membakar Lampu Minyak

Selama ribuan tahun orang-orang telah menggunakan minyak zaitun dengan kapas atau kain sumbu untuk membersihkan udara di sekitar mereka dan untuk menjaga api menyala. Gunakan minyak pomace atau jenis minyak zaitun murah.

(foto: allfromspain.com)