Cara Peregangan Otot di Sela Waktu Kerja

Loading...

Peregangan-di-kantorKita tahu duduk sepanjang hari buruk bagi kesehatan. Tapi tidak semua orang memiliki keanggotaan di gym atau kerja yang memungkinkan untuk kelas kebugaran pagi dan sore.

Jadi, berikut adalah enam peregangan yang mengendurkan otot-otot yang kaku akibat duduk, dilansir dari Huffingtonpost. Tidak ada peralatan olahraga atau perpanjangan jam makan siang yang diperlukan!

1. Leher dan Bahu

Membungkuk di atas keyboard menegangkan tulang belakang leher dan menjadikan bahu kaku. Saat beristirahat, di toilet, capai lengan Anda lewat belakang, dan pautkan jari Anda sehingga telapak tangan Anda berhadapan.

Angkat lengan Anda sehingga Anda merasakan peregangan di dada dan bahu depan. Tarik dagu ke bawah untuk menghindari leher berderak. (Tentu saja, Anda bebas untuk melakukan hal ini di meja Anda. Katakan pada siapa saja yang melongo untuk mengikutinya.)

2. Hip Flexor dan Iliopsoa

Kelompok-kelompok otot berada pada resiko tinggi kekakuan setelah hari yang panjang di meja. Berikut peregangan pada pagi dan setelah bekerja untuk menjaganya tetap rileks.

Berlutut di lantai (tulang kering atas dan kaki sebagai dasar Anda, batang tubuh lurus). Angkat kaki kiri Anda dan tempatkan di lantai, tahan lutut tepat di atas pergelangan kaki.

READ:  Kenali Jenis-Jenis Narkoba di Sekitar Anda

Jaga kedua pinggul tetap horizontal saat Anda menggerakkan badan Anda ke arah dinding di depan Anda, luncurkan lutut ke depan. Anda mungkin merasakan regangan di betis dan achilles. Tempatkan tangan di atas paha kiri untuk mendukung.

Tahan selama 30 detik. Beralih sisi. Ulangi.

3. Perut

Capai lengan atas Anda dan bersandar sedikit ke belakang sehingga dada dan tenggorokan menunjuk arah langit. Jika Anda mengalami kesulitan menyeimbangkan, jaga pandangan Anda ke depan atau ke lantai. Ulangi di sisi lain.

4. Oblique

Dari peregangan fleksor pinggul (terjang rendah, kaki kiri ke depan, lutut kanan dan tulang kering di lantai) capai lengan kiri Anda ke sisi Anda dan menyentuh jari ke lantai atau tumpukan buku untuk mendukung.

Lengkungkan lengan kanan Anda di atas kepala Anda hingga mencapai ujung jari kanan pada sisi kiri tubuh Anda. Tahan selama 20 detik. Bernapas.

Lihat jika Anda dapat meregangkan sedikit lebih jauh, kemudian kembali ke tulang belakang lurus. Beralih kaki dan ulangi di sisi lain.

5. Punggung Bawah dan Lats

Duduk untuk waktu yang terlalu lama mengubah tulang belakang kita di semua tempat yang salah. Otot-otot sekitar tulang belakang pinggang menjadi sangat lemah, sementara paha belakang bisa kendur. Berbaring pada perut di lantai atau di atas tikar.

READ:  5 Latihan untuk Memperkuat Otot Leher

Versi sulit: Angkat kaki Anda dari lantai. Versi mudah: Letakkan kaki di atas lantai.

Tekuk siku dan kaitkan ujung jari Anda di belakang leher Anda (jempol di kedua sisi leher, menunjuk ke arah punggung bagian atas). Angkat dagu, lihat ke depan.

Tarik napas sambil mengangkat badan Anda menjauh dari lantai sebisa Anda, walaupun lembut, dengan mengencangkan otot di sepanjang tulang belakang. Turunkan ke bawah sambil menghembuskan napas. Ulangi 10 sampai 15 kali.

Sekarang tekuk lutut Anda dan duduk kembali di atas tumit Anda (puncak kaki masih menyentuh lantai). Istirahatkan tubuh Anda dengan paha dan dahi Anda pada lantai atau bantal.

Capai lengan Anda di depan Anda, kedepankan jari dan tarik tulang belikat Anda turun di bagian belakang. Biarkan bokong Anda tetap pada tumit Anda saat Anda mengangkat dahi Anda dan bawa tangan Anda ke kiri, lalu ke kanan untuk meregangkan lat.

6. Seluruh Tulang Belakang dan Urat Lutut

Hilangkan stres dari tulang belakang Anda setelah duduk sepanjang hari. Berbaring telentang, kaki di lantai, lutut ditekuk. Tarik kedua lutut ke dada lalu ayunkan dengan lembut.

READ:  Mengenal Demam Berdarah dan Cara Mengatasinya

Kemudian ulurkan kaki kiri lurus di lantai sambil tetap memeluk lutut kanan di dada. Ambil sedikit napas dan nikmati peregangan urat lutut.

Kemudian, biarkan bahu kanan Anda di lantai dan tuntun lutut kanan Anda melintasi garis tengah tubuh Anda, menuju lantai, dengan tangan kiri Anda. Tidak apa-apa jika lutut tidak menyentuh lantai.

Hentikan jika Anda merasa sakit. Setelah 30 detik, tarik lutut kembali ke tengah. Beralih kaki lainnya dan ulangi di sisi lain.

(foto: tribunnews.com)