Mengenal Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Loading...

manfaat teh oolongTeh oolong adalah teh yang terbuat dari daun, tunas, dan batang tanaman Camellia sinensis. Ini adalah tanaman yang sama yang juga digunakan untuk membuat teh hitam dan teh hijau.

Terdapat beberapa jenis teh yang berbeda-beda kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Menurut artikel yang dikutip dari webmd, perbedaan antara teh hitam biasa, teh hijau dan teh oolong adalah dalam pengolahannya. Teh oolong difermentasi sebagian, teh hitam sepenuhnya difermentasi, dan teh hijau tidak difermentasi.

Teh oolong berguna untuk mempertajam kemampuan berpikir dan meningkatkan kewaspadaan mental. Hal ini juga digunakan untuk mencegah kanker, kerusakan pada gigi, osteoporosis, dan penyakit jantung.

Beberapa orang menggunakan teh oolong untuk mengobati obesitas, diabetes, “pengerasan arteri” (aterosklerosis), kolesterol tinggi dan skinallergies seperti eksim, dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, bagaimana cara kerja teh oolong yang sangat bermanfaat bagi tubuh? Teh oolong mengandung kafein yang berguna untuk merangsang sistem saraf pusat (SSP), jantung, dan otot. Teh oolong juga mengandung teofilin dan teobromin, yang merupakan bahan kimia mirip dengan kafein.

READ:  5 Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Meskipun belum ada bukti secara medis, namun dengan rutin meminum teh oolong juga dipercaya bisa membantu mengobati berbagai macam penyakit.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika rutin mengkonsumsi teh oolong:

1. Kewaspadaan mental

Minum teh oolong atau minuman berkafein lainnya sepanjang hari dapat membantu mempertahankan kewaspadaan dan performa mental.

Menggabungkan kafein dengan gula sebagai “minuman energi” tampaknya meningkatkan kinerja mental yang lebih baik daripada hanya kafein atau hanya gula saja.

2. Mencegah kanker ovarium

Wanita yang secara teratur minum teh, termasuk teh hitam, teh hijau, atau teh oolong, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker ovarium.

Satu studi menemukan bahwa minum 2 cangkir atau lebih teh setiap hari tampaknya mengurangi resiko kanker ovarium hampir setengahnya.

3. Mengobati alergi kulit (eksim)

Dalam penelitian yang saat ini masih dikembangkan, menunjukkan bahwa minum sekitar 4 cangkir (34 oz atau 1000 mL) teh oolong per hari dalam 3 dosis terbagi, meningkatkan atau mempercepat eksim.

Padahal pengobatan lain belum tentu merespon secepat teh oolong. Mungkin butuh 1 atau 2 minggu bagi pengobatan lain untuk menimbulkan perubahan pada kulit.

READ:  Manfaat Musik Klasik untuk Janin

4. Mengobati diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum sekitar 6 gelas (50 oz atau 1500 mL) teh oolong selama 30 hari dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Namun, minum teh tampaknya tidak mencegah diabetes.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian pada orang China menunjukkan bahwa minum 1 atau 2 gelas (4-20 oz atau 120-599 mL) dari teh oolong atau teh hijau  setiap hari tampaknya berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi.

6. Tulang lemah (osteoporosis)

Ada beberapa bukti bahwa minum teh oolong selama 10 tahun berhubungan dengan tulang kuat  karena dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

**

Demikianlah 6 manfaat mengkonsumsi teh oolong untuk kesehatan tubuh. Yang harus Anda ingat adalah pada saat minum teh oolong, jangan menambahkan gula secara berlebihan. Bukan manfaat kesehatan yang akan Anda peroleh melainkan resiko penyakit dalam tubuh.

(foto: biancaom.blogspot.com)