8 Makanan Penting dalam Siklus Menstruasi

Loading...

siklus menstruasiKebanyakan wanita mengalami masalah menstruasi yang tidak teratur. Hal ini biasanya terjadi ketika mereka akan memasuki tahap awal menstruasi dan menopause.

Periode normal biasanya berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi 28-30 hari. Siklus menstruasi dapat diukur dari tanggal periode bulan pertama hingga periode berikutnya.

Namun, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, berolahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan dapat menjadi penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur.

Berikut beberapa makanan sehat yang dapat memberikan manfaat dan pengaruh baik pada siklus menstruasi Anda.

Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memfasilitasi siklus menstruasi Anda. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, Anda dapat memasukkan brokoli dalam menu diet atau sarapan pagi Anda setiap harinya.

Anda dapat mencampurnya dalam salad atau mengkonsumsi mentah untuk mendapatkan kandungan gizi yang lebih baik.

Ikan Salmon

Untuk jenis makanan satu ini sudah bukan hal baru lagi  manfaat yang diberikannya untuk tubuh Anda. Ikan salmon yang  kaya akan kalsium dan vitamin D, selain memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon.

READ:  6 Kiat Menyimpan Tas Agar Awet

Hal ini juga membantu menyingkirkan masalah menstruasi yang tidak teratur.

Sayuran Berdaun Hijau

Selain baik untuk kulit, sayuran hijau juga dapat membantu memperlancar siklus menstruasi Anda. Mengkonsumsi sayuran hijau dalam bentuk mentah lebih baik dari pada sayuran hijau yang diolah.

Sayuran hijau yang dapat memperlancar siklus menstruasi Anda antara lain bayam, asparagus, dan brokoli.

Ikan dan Minyak Ikan

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat baik bagi tubuh. Asam lemak omega-3 asam melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi.

Dengan mengkonsumsi banyak ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

Kacang Almond

Almond adalah cemilan kacang yang sehat dan bergizi. Selain membantu memfasilitasi siklus menstruasi, almond yang kaya serat dan protein juga dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Salah satunya adalah hormon yang mengatur siklus menstruasi Anda. Anda juga dapat mengkonsumsi biji wijen, tetapi hindari mengknsumsinya secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

Yogurt

Yogurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Anda dapat mengkonsumsi  yoghurt setiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

READ:  4 Tips Merawat Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah dan Prematur

Campurkan yougurt sebagai tambahan dalam salad buah atau sayuran Anda setiap harinya.

Susu Kedelai

Jika Anda memiliki kegemaran mengkonsumsi susu, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Selain bergizi, susu kedelai juga dapat membantu memfasilitasi menstruasi.

Selain itu susu kedelai juga rendah akan kandungan lemak sehingga tidak membuat Anda menjadi gemuk seperti susu sapi.

Telur

Telur yang memiliki banyak kandungan manfaat baik putih atau kuningnya yaitu protein dan vitamin sangat baik untuk memperlancar siklus menstruasi. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk sudah direbus.

**

Nah, itulah 8 makanan sehat yang dapat mempercepat dan mengatur  siklus menstruasi Anda. Jika menstruasi Anda tidak juga teratur, Anda dapat berkonsultasi langsung pada dokter karena dikhawatirkan adanya penyakit tersembunyi atau hal serius lain yang mengganggu siklus menstruasi Anda.

(foto: women.webmd.com)