Makanan Terbaik untuk Wanita Usia 30-an

Loading...

mengkonsumsi yogurtKetika wanita mencapai usia 30 tahun, mereka harus mulai memberi perhatian khusus pada menu makanan sehari-hari, dan memperhatikan asupan gizi yang seimbang.

Diet sehat merupakan kunci untuk dapat hidup bebas dari penyakit, karena dapat meningkatkan energi dan mood Anda serta membantu menjaga berat badan seimbang.

Wanita memerlukan berbagai jenis nutrisi sepanjang hidup mereka karena siklus reproduksi yang berubah seiring waktu.

Wanita yang sedang berada di puncak reproduksi akan membutuhkan tingkat nutrisi yang lebih tinggi. Namun tetap harus berhati-hati dalam memilih menu makanan untuk diet sehat Anda.

Biji-bijian, buah-buahan segar serta sayuran sehat dibutuhkan terutama bagi Anda yang berusia 30 tahun ke atas karena metabolisme yang sudah mulai merosot.

Maka dari itu kami menghadirkan daftar makanan yang disarankan untuk dimasukkan dalam diet sehat bagi wanita berusia 30 tahun ke atas, seperti dilansir dari boldsky:

Ikan Tuna

Tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk fungsi jantung. Lemak sehat ini juga dapat meningkatkan memori dan meningkatkan fungsi , merupakan sumber protein yang harus dimasukkan dalam daftar diet sehat Anda.

READ:  Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung nutrisi, vitamin dan serat yang penting untuk kesehatan fungsi tubuh manusia. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi wanita berusia 30 tahun untuk mengkonsumsi bayam secara rutin.

Produk Kedelai

Protein kedelai dapat ditemukan dalam makanan seperti tahu, susu kedelai dan lain sebagainya. Protein kedelai mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga jantung agar tetap sehat.

Gandum Utuh

Wanita sering terganggu dengan masalah pencernaan. Salah satu solusi ampuh yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memasukkan serat dalam diet sehat Anda.

Serat bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap stabil karena membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Roti gandum dan beras merah adalah beberapa jenis makanan gandum yang baik.

Telur

Telah terbukti secara ilmiah bahwa telur memiliki khasiat untuk membantu mengurangi pembekuan darah, stroke dan serangan jantung.

Telur mengandung vitamin D yang membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Di samping itu telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik.

Buncis

Buncis harus dimasukkan dalam diet sehat Anda karena kaya akan zat besi dan folat. Folat ini sangat penting terutama pada masa kehamilan untuk memastikan perkembangan sistem tabung saraf pada masa janin.

READ:  Jenis Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun

Terbukti juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang-kacangan

Makanan tak jenuh tunggal seperti kacang sangat penting untuk menurunkan kolesterol jahat. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh. Almond, kacang mete dan kenari sangat disarankan bagi wanita dengan usia 30 tahun keatas.

Jus Cranberry

Cranberry telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu cranberry juga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih karena mengandung proanthocyanidins, suatu senyawa yang dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih.

Susu Skim

Susu skim atau susu tanpa lemak dan kolesterol ini dapat menjadi alternatif yang lebih sehat dibanding dengan mengkonsumsi susu biasa.  Mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral.

Susu skim juga merupakan sumber kalsium yang baik dan membantu dalam menjaga kesehatan tulang dalam tubuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang meningkatkan pembentukan sel darah dan sirkulasi dalam tubuh. Selain itu juga sangat membantu melawan penyakit seperti kanker, gangguan jantung, diabetes dan obesitas.

Maka dari itu sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita dengan usia 30 tahun ke atas.

READ:  5 Jenis Buah Sehat untuk Pria

Yogurt

Setelah Anda berusia 30 tahun, Anda perlu memastikan bahwa Anda mengkonsumsi dosis harian kalsium secara rutin. Kalsium dapat melindungi Anda dari osteoporosis. Yogurt adalah solusi terbaik untuk menjaga berat badan yang sehat.

**

Konsumsi rutin dari diet yang seimbang dapat meningkatkan kesehatan tulang, memerangi stres, meningkatkan kesuburan dan mengurangi gejala seperti kram saat menstruasi.

Itulah daftar makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi terutama mereka yang berusia 30 tahun ke atas. Semoga bermanfaat.

(foto: sheknows.com)