Resep Mudah Kue Lapis dengan Rasa Selangit

Loading...

cara membuat kue lapisMelihat kue ini dari jauh saja akan merangsang kepekaan lidah.

Lidah yang terdiri dari tonjolan papila-papila sangat peka dengan berbagai macam rasa, mata sebagai penghantar impuls ke otak dan langsung menerjemahkan rasanya ke dalam lidah.

Itulah yang terjadi saat kita melihat kue dengan warna yang menarik dan berlapis-lapis banyak, belum masuk saja di dalam mulut sepertinya kue itu sudah ingin kita nikmati kelezatannya.

Kue lapis, sesuai namanya terdiri dari beberapa lapisan. Anda dapat berkreasi dengan warna-warna yang Anda ingin gunakan.

Berikut akan dibagikan resep kue lapis tradisional dan bagaimana cara membuat kue lapis yang enak dengan rasa yang sangat istimewa.

Bahan yang dibutuhkan

Sebelum membuat kue, bahan adalah hal utama yang harus disiapkan. Berikut adalah bahan-bahan dari kue lapis yang akan dibuat.

  • 200 gram tepung beras
  • 70 gram tepung kanji
  • 2 lembar daun pandan
  • 700 ml santan dari 2 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 gram gula pasir
  • 1/6 sendok teh vanili bubuk/seujung sendok teh
  • 1/3 sendok teh coklat pasta
READ:  4 Resep Smoothie Enak, Sehat dan Praktis

 Cara membuat

1. Pertama-tama masukkan santan ke dalam panci bersamaan dengan gula pasir, garam, vanili dan daun pandan. Daun pandannya sebaiknya diparut agar memberikan efek berwarna hijau dan harum yang mengundang selera pada adonan.

2. Masak adonan tersebut hingga mendidih. Setelah itu angkat lalu kemudian disaring agar parutan daun pandan tadi tertinggal di saringan.

3.  Campur adonan dengan tepung kanji lalu aduk hingga adonan merata dan terlihat licin.

4. Bagi dua adonan dengan takaran yang sama rata, lalu pada salah satu adonan campurkan pasta coklat dan bubuk coklat lalu aduk hingga warna coklat pada adonan terlihat merata.

5. Kukus/panasi loyang kurang lebih 40 detik dengan permukaan atasnya dilapisi plastik sebagai pembatas antara loyang dan kue lapis nantinya. Pada plastik diolesi minyak kelapa secukupnya agar kue tidak melengkat pada plastik tersebut

6. Setelah itu, tuang salah satu dari adonan sesuai dengan selera, mau yang coklat dulu atau mau yang berwarna hijau dulu sebanyak 2 sendok besar atau perkirakan saja ketebalannya sesuai selera.

READ:  6 Resep Jus Sehat yang Harus Anda Coba

7. Setelah beberapa menit, adonan yang dikukus akan mengeras maka pada saat itu tuangkan adonan berwarna lain di atas adonan yang sudah sedikit mengeras tadi. Lakukan hal tersebut secara berselang-seling sampai adonan habis.

8. Kukus kurang lebih 20 menit, setelah itu angkat dari tempat kukus. Sebaiknya dianginkan sebentar dengan cara mengeluarkan kue dari loyangnya, setelah dingin kue sudah bisa dihidangkan.

**

Itulah cara mudah dan murah membuat kue lapis tradisional yang memiliki rasa selangit. Anda dapat menjadikan kue lapis ini untuk sekedar cemilan atau teman buat ngobrol bareng teman sehingga obrolan anda akan terasa nikmat apalagi ditemani segelas teh sebagai penambah kenikmatan cita rasa. Selamat mencoba.