Tips Agar Tetap Termotivasi Berolahraga

Loading...

tips agar tidak malas olahragaMenjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar tak hanya cukup dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan vitamin saja.

Tapi juga harus diimbangi dengan rutin berolahraga. Nah, tak jarang kita hanya bersemangat di awalnya saja.

Lalu bagaimana agar kita terus termotivasi untuk rajin berolahraga? Simak terus uraiannya berikut ini seperti yang dikutip dari mayo clinic:

1. Tetapkan Tujuan

Mulailah dengan tujuan yang sederhana dan kemudian kembangkan menjadi tujuan jangka panjang. Ingatlah untuk tetap membuat tujuan yang realistis dan bisa dicapai.

Karena tujuan untuk mencapai sesuatu yang terlalu tinggi bisa membuat Anda frustasi jika tidak tercapai. Misalnya, jangan langsung mematok waktu satu jam perhari untuk berolahraga. Mulailah dengan 10 menit lalu kemudian menambah jadi 20 menit dan menambahnya lagi secara perlahan.

2. Buat Olahraga Jadi Hal yang Menyenangkan

Misalnya dengan mendengarkan musik kesenangan Anda atau bersama dengan orang terkasih. Bergabung dengan klub olahraga juga merupakan ide yang bagus.

3. Jadikan Olahraga sebagai Aktivitas Tetap

Jadikan olahraga sebagai latihan atau kegiatan yang sama pentingnya dengan kegiatan yang lain. Selipkan aktifitas fisik yang mungkin bisa Anda lakukan disela-sela kegiatan, mislanya dengan mengganti naik lift dengan naik tangga.

READ:  7 Tips Anti Malas Jogging

4. Catat Apa yang Sudah Anda Lakukan

Catat apa yang Anda lakukan selama setiap sesi latihan, berapa lama Anda berolahraga dan apa yang Anda rasakan sesudahnya.

Merekam atau mencatat usaha Anda dapat membantu Anda bekerja lebih gigih menuju tujuan Anda – dan mengingatkan bahwa Anda membuat kemajuan.

5. Bergabung dengan Teman-teman, Tetangga atau Orang Lain

Ajak teman, tetangga atau rekan kerja untuk bergabung dengan Anda ketika berolahraga. Bermain sepak bola dengan anak-anak juga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan.

6. Beri Hadiah pada Diri Sendiri

Jangan lupa untuk memberikan perhargaan pada diri Anda setelah berusaha keras. Ini juga termasuk cara untuk memotivasi diri sendiri. Misalnya dengan membeli sepasang sepatu baru.

7. Berikan Kelonggaran pada Diri Anda

Jika Anda benar-benar sibuk, mengambil libur atau istirahat selama sehari atau dua hari tidak apa, namun setelah itu Anda tentu harus membangun kembali motivasi agar bisa rutin dan rajin berolahraga.

**

Demikianlah 7 tips agar tetap termotivasi berolahraga. Jadikanlah olahraga menjadi suatu kebiasaan agar ketika Anda tidak melakukannya, Anda akan merasa ada yang kurang. Berolahraga tidak perlu waktu lama, yang penting rutin dan konsisten untuk melakukannya. Semoga bermanfaat.