Mengapa Wanita Sulit Hamil?

Loading...

 test packTest pack, alat untuk mengetes kehamilan

Beberapa wanita bisa hamil segera setelah mereka menikah tanpa harus menunggu selama bertahun-tahun. Tapi, tidak sedikit wanita yang sulit untuk hamil. Hamil bukan proses satu langkah atau proses yang cepat karena itulah kadang dibutuhkan usaha. Malah ada beberapa diantaranya meskipun telah berusaha, masih tetap sulit untuk hamil.

Lalu, apa saja penyebab wanita sulit untuk hamil? Berikut penjelasan Dr. Anjana Mann yang merupakan seorang ginekolog di Delhi seperti yang kami kutip dari OnlyMyHealth.

Pertama, pasangan yang ingin memiliki momongan seharusnya tau masa subur si wanita. Karena masa subur sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan. Kehamilan yang sukses ditandai dengan bertemunya sel telur dan sperma, menyatu dan melekat pada endometrium (dinding rahim).

Wanita pada umumnya mengalami menstruasi setiap bulannya dimana terjadi proses melepas sel telur dari dinding rahim yang dirilis oleh salah satu dari dua ovarium pada wanita. Proses ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum akhir siklus menstruasi (sekitar tengah bulan). Intercourse atau berhubungan intim dalam seminggu segera setelah ovulasi berikut dapat menyebabkan kesempatan yang lebih tinggi untuk bisa hamil.

READ:  Waspadai Retinoid Dalam Produk Perawatan Kulit Selama Kehamilan

Kadang-kadang, masalah seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, introitus yang sempit (membuka ke vagina) dll bisa juga menjadi masalah yang serius. Pada dasarnya semuanya berkaitan dengan hubungan seksual. Jika hal ini tidak masalah, ada kemungkinan jumlah sperma rendah atau mobilitas yang rendah dalam sperma pria. Penting untuk diingat bahwa penggunaan pelumas selama hubungan seksual juga bisa menjadi masalah. Pelumas buatan bisa menjebak sperma dan bahkan bertindak sebagai pembunuh sperma (spermisida).

Tapi perlu diingat bahwa letak masalahnya bukan hanya pada pria saja. Wanita juga bisa mengalami masalah pada rahimnya dimana zigot menempel sehingga zigot tidak bisa menempel dengan sempurna di endometrium. Penyebab umum terjadinya kerusakan pada endometrium bisa karena beberapa infeksi atau penyakit menular seksual atau bahkan TBC.

Jadi, disarankan kepada pasangan yang ingin cepat memiliki anak agar berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan agar diketahui apa penyebabnya mengapa sulit hamil.

(photo: puspitanugraha.com)