Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Buah Manggis

Loading...

manfaat buah manggismanfaat buah manggisManggis memiliki nama botanikal Garcinia mangostana. Dikatakan bahwa pohon tropis ini dapat tumbuh hingga 25 meter.

Menurut Purdue University Horticulture Department, manggis tumbuh di berbagai wilayah di Asia Tenggara, dan memiliki buah yang lezat.

Buah manggis terkenal dengan kulitnya yang berwarna ungu serta daging buah berwarna putih dengan rasa yang manis.

Buah ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi, juga manfaat kesehatan lainnya serta digunakan oleh perusahaan-perusahaan internasional untuk membuat suplemen makanan.

Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi manggis jika Anda berada di bawah perawatan medis atau menderita kondisi kronis terutama pada penderita diabetes.

Tertarik mengetahui lebih jauh? Berikut ini nutrisi dan manfaat buah manggis untuk kesehatan sebagaimana dilansir oleh Livestrong.com:

Xanthone

Kulit dari buah manggis mengandung kadar xanthone yang tinggi, ia merupakan fitonutrien yang diperkirakan mampu meningkatkan kesehatan fungsi tubuh, termasuk usus, pernapasan dan kekebalan sistem kesehatan.

Menurut sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Gifu International Institute of Biotechnology dan diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine, enam jenis xanthone hadir dalam buah manggis menghambat pertumbuhan garis sel leukemia HL60 pada manusia, dengan alpha-mangosteen xanthone menunjukkan penghambatan menyeluruh.

READ:  Curcumin Dalam Kunyit Ternyata Bisa Mematikan Sel Kanker!

Antioksidan

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, buah manggis memiliki kandungan polyphenol yang tinggi, dimana nutrisi tersebut tergolong jenis antioksidan yang kuat. Polifenol 10 kali lebih kuat dari vitamin C dan 100 kali lebih kuat dari vitamin E, serta karotenoid dalam sifat antioksidan mereka.

Ini membantu tubuh Anda melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit dan beberapa jenis kanker dan juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Anti-inflamasi

Menurut Dr Brent Bauer dari Mayo Clinic, buah manggis telah menunjukkan sifat anti-inflamasi dalam uji laboratorium terhadap hewan, dengan prospek menjanjikan akan manfaat serupa sebagai anti-inflamasi (peradangan) bagi manusia.

Hal ini membuat manggis bermanfaat untuk mengobati arthritis, meskipun pengujian dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung manfaat ini.

Pengobatan rakyat

Menurut Purdue University Horticulture Department, manggis digunakan dalam pengobatan rakyat di Cina dan negara-negara Asia lainnya.

Kulit buah ini direbus selama 25 sampai 30 menit dan air rebusannya digunakan untuk membantu meringankan sistitis dan diare pada orang dewasa dan anak-anak.

READ:  Pengobatan Kanker Dengan Kulit Manggis Dan Daun Sirsak

Irisan buah ini juga dapat dikeringkan dan dijadikan bubuk untuk kemudian digunakan mengobati penyakit disentri.

Kulit buah manggis juga bisa direndam dalam minyak seperti almond atau minyak zaitun untuk membuat salep yang mengurangi eksim dan berbagai jenis ruam pada kulit.

***

Demikian nutrisi dan manfaat kesehatan buah manggis. Siapa sangka bahwa manggis yang selama ini hanya kita konsumsi daging buahnya, ternyata memiliki manfaat kesehatan bahkan hingga ke kulit buah manggis.

Masih banyak manfaat dan nutrisi buah-buahan lainnya yang belum kita ketahui, dan setiap kali bertambah pengetahuan baru akan hal tersebut diharapkan kita semakin terpacu untuk lebih banyak lagi memasukkan buah-buahan ke dalam menu keseharian kita. Semoga bermanfaat.

(foto: hashashin – flickr.com)