Manfaat Pomegranate untuk Kecantikan Kulit

Loading...

Manfaat PomegranateDelima atau yang dikenal dengan nama pomegranate adalah buah yang dapat ditemukan pada musim gugur di daerah Pakistan, Afghanistan, dan Himalaya di India Utara dan Iran.

Delima juga sudah mulai dibudidayakan di seluruh Mediterania dan daerah Kaukasus, dan beberapa bagian Asia.

Saat dibawa ke Amerika oleh pemukim Spanyol di akhir 1700-an, buah ini banyak ditanam di sekitaran Arizona dan California sebagai salah satu bahan dari produksi jus delima.

Kandungan nutrisi buah delima yang kaya akan vitamin C dan B5, polifenol, kalium dan nutrisi lainnya membuat buah ini banyak digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes.

Buah ini telah terbukti efektif untuk mengobati berbagai kondisi dan masalah kulit. Buah delima juga telah menjadi sangat populer karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa buah delima mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat menjaga atau meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk mengenai manfaat apa saja yang dihasilkan dari buah ini untuk kecantikan Anda, berikut 3 manfaat kecantikan dari buah delima.

READ:  Apa Saja Manfaat Kopi Untuk Kecantikan?

1. Membantu Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau karena masalah pencernaan. Mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu mencegah jerawat dan menghilangkan penyebab jerawat yaitu dengan memperbaiki masalah pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Buah ini kaya akan zat besi. Bagian konstituen dari hemoglobin akan membantu menyerap oksigen dan oksigen akan dibawa ke sel-sel kulit sehingga membuat kulit terlihat segar dan halus.

Selain itu, buah delima merupakan sumber dari vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin C juga diperlukan untuk mengatur produksi sebum, sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous pada kulit yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Nah, untuk mengobati jerawat atau memperbaiki kulit, Anda dapat menerapkan ekstrak delima atau jus pada daerah yang berjerawat dan Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari aplikasi rutin selama beberapa hari.

2. Mencegah Penuaan Kulit

Mengkonsumsi jus delima juga merupakan obat yang baik untuk perbaikan  kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

READ:  Cara Menyanggul Rambut Pengantin Dengan Gaya Sanggul Rendah

Buah delima membantu menjaga fibroblas, yaitu sel-sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi elastin dan kolagen yang berperan menjaga warna kulit dan elastisitas kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penerapan minyak biji delima pada kulit meningkatkan produksi kolagen, mencegah kerusakan serat kolagen yang dapat mengakibatkan munculnya keriput, dimana serat kolagen berperan untuk membuat kulit lebih halus dan lentur.

Oleh karena itu, dengan menggunakan minyak biji delima secra efektif dapat memperlambat pembentukan keriput dan masalah lainnya yang berhubungan dengan penuaan.

3. Perbaikan Luka Pada Kulit dan Goresan

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penerapan minyak biji delima pada kulit wajah yang terluka akibat goresan dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Bekas jerawat juga dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak dari biji delima.

**

Nah, siapa sangka bahwa buah delima yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran rujak buah, ternyata memiliki manfaat kecantikan untuk Anda.

Sekarang, setelah mengetahui manfaat buah delima untuk kecantikan kulit, Anda dapat menambah porsinya ketika mengkonsumsi buah delima atau bereksperimen membuat jus delima.

READ:  7 Khasiat si Cantik Delima untuk Kesehatan

Semoga bermanfaat.

(foto: phamfatale.com)