Nutrisi Esensial untuk Anak, dari A sampai Z

Loading...

nutrisi esensial anakAnak-anak membutuhkan jenis nutrisi yang sama dengan orang dewasa, tetapi asupan yang dianjurkan bagi mereka berbeda. Untuk mendukung pertumbuhan tubuh dan tingkat energinya, anak-anak membutuhkan sejumlah makronutrien, yang meliputi karbohidrat, protein dan lemak.

Anak Anda juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk membangun struktur tulang dan rangka. Meskipun beberapa nutrisi berperan dalam pertumbuhan anak Anda, Anda perlu memonitor asupan kalori untuk memastikan ia tidak berlebihan.

Nah, berikut adalah nutrisi esensial untuk anak Anda, dilansir dari webMD:

Vitamin A

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Vitamin A adalah kunci untuk penglihatan yang baik bagi anak-anak, terutama untuk warna dan penglihatan di malam hari. Hal ini juga memberikan sistem kekebalan tubuh mereka dorongan melawan infeksi.

Dimana menemukannya: Isi piring anak-anak dengan wortel dan sayuran jingga lainnya dan buah-buahan – seperti melon dan ubi jalar – dan isi gelas mereka dengan susu yang diperkaya.

Vitamin B

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Anak-anak perlu vitamin B (atau B kompleks), yang meliputi thiamin, riboflavin, niacin, asam folat, asam pantotenat, B6, B12, dan biotin, untuk menghasilkan dan menggunakan energi. Tanpa vitamin B yang cukup, anak-anak bisa terkena anemia.

Dimana menemukannya: Anda dapat menemukan vitamin B di hampir setiap kelompok makanan. Biji-bijian, ikan, ayam, daging, sayuran hijau, dan susu yang dikemas dengan vitamin B.

READ:  Stres Bisa Diatasi dengan Cara Ini, Coba deh!

Vitamin C

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Asupan harian vitamin C membantu menangkal bersin dan pilek dengan membantu tubuh melawan infeksi pada anak-anak. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dan cedera fisik ringan lainnya.

Dimana menemukannya: Anak-anak bisa minum segelas jus jeruk atau, lebih baik lagi, makan jeruk. Buah-buahan dan sayuran lainnya juga sumber vitamin C yang baik. Coba stroberi, tomat, melon, dan paprika merah manis.

Vitamin D

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Untuk tulang dan gigi yang kuat, anak-anak membutuhkan asupan harian vitamin D. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium sehingga dapat membangun tulang.

Dimana menemukannya: Kulit membuat vitamin D ketika terpapar matahari. Tetapi karena sinar UV yang merupakan bahan bakar produksi vitamin D juga dapat menyebabkan kanker, hati-hati mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Sebaliknya, tambahkan susu yang diperkaya, sereal, tuna, atau telur ke dalam makanan anak-anak.

Kalsium

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Anak-anak membutuhkan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Terlalu sedikit dapat menyebabkan kesempatan yang lebih tinggi untuk penyakit tulang di kemudian hari.

READ:  Gejala dan Pengobatan Keracunan Matahari

Dimana menemukannya: Produk susu merupakan sumber terbaik dari kalsium. Beberapa porsi susu rendah lemak dan yogurt setiap hari seharusnya menjaga tulang anak-anak Anda kuat dan sehat.

Kolin

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Kolin bukan vitamin, tapi masih termasuk nutrisi penting. Sel memerlukannya untuk bentuk mereka, dan sistem saraf membutuhkannya untuk mempercepat pesan ke seluruh tubuh.

Dimana menemukannya: tubuh anak-anak tidak memproduksi kolin sendiri, sehingga mereka harus mendapatkan nutrisi ini dari makanan seperti telur, ikan, daging sapi, ayam, dan brokoli.

Zat Besi

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Zat besi membantu memompa darah dalam tubuh. Besi ditemukan dalam bagian dari sel darah merah yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dimana menemukannya: Daging sapi dengan sedikit atau tanpa lemak, atau berikan anak-anak Anda makanan lain penuh zat besi, seperti kacang, sayuran hijau gelap, dan sereal yang diperkaya dengan zat besi.

Magnesium

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Magnesium adalah salah satu blok bangunan sel-sel tubuh, dan sangat penting dalam membuat energi. Makanan yang kaya magnesium juga akan menjaga hati anak Anda memompa kuat menjadi dewasa.

Dimana menemukannya: Bran sereal, beras merah, tahu, kacang-kacangan, almond, dan kacang-kacangan lainnya merupakan sumber yang kaya magnesium.

READ:  5 Jenis Vitamin Terbaik Untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Kalium

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Hampir setiap sel dan organ dalam tubuh membutuhkan kalium untuk bekerja sebagaimana mestinya. Kalium juga penting untuk tekanan darah, menjaga jantung memompa dan otot-otot bekerja ketika anak-anak berlarian.

Dimana menemukannya: Pisang sarat dengan kalium, tetapi Anda juga dapat menemukannya dalam ubi jalar, kacang putih, susu skim, dan yogurt rendah lemak.

Seng

Mengapa anak-anak membutuhkannya: Seng dapat membantu anak-anak berhenti pilek dengan membantu sistem kekebalan tubuh mereka melawan virus dan kuman penyebab penyakit lainnya. Tubuh membutuhkan seng untuk tumbuh dan berkembang.

Dimana menemukannya: Ayam, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya dengan seng.

(foto: food.ninemsn.com.au)