Rosella, si Cantik yang Penuh Manfaat

Loading...

manfaat bunga rosellaRosella, si bunga cantik dengan nama latin Hibiscus sabdariffa L. semakin terkenal di kalangan masyarakat karena fungsinya untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.

Bahkan secara klinis bunga rosella dapat mencegah penyakit radang dan kanker karena bunga rosella mengandung gosipetin, antosianin, dan glukosid hibiscin, vitamin C, vitamin A, dan asam amino.

Berikut akan dipaparkan manfaat bunga rosella bagi kesehatan tubuh.

Mencegah dari Penyakit Tulang

Kalsium yang  tinggi sekitar 486 mg / per 100 gr akan diperoleh tubuh saat bunga ini dijadikan sebagai bahan minuman.

Kandungan yang tinggi itu sangat bermanfaat dalam tubuh pasalnya kalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Glikogen penting karena bila tidak ada cadangan glikogen maka tubuh akan selalu merasa lapar.

Bila tubuh kekurangan kalsium, maka terjadi pergerakan tidak normal pada otot jantung dan otot licin. Dampak yang timbul adalah hilangnya kelincahan tubuh, keseimbangan gerakan dan kemampuan koordinasi juga tidak terkendali.

Gerakan pada tubuh manusia ditentukan oleh stimulasi otot tulang. Di sinilah peran peting kalsium karena memberi rasangan pada otot tulang timbul. Kurangnya asupan kalsium akan menyebabkan timbulnya nyeri pada otot tulang.

READ:  Mengenal Kale dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, kalsium juga berpean penting sebagai unsur yang memberi kekerasan pada tulang manusia dan membentuk kerangka yang mampu menanggung berat badan.

Dapat Anda bayangkan jika tubuh kekurangan kalsium. Akan terjadi kekacauaan metabolisme sel tulang, volume tulang akan berkurang dan tidak mampu menjalankan tugas sebagai penopang tubuh.

Meremajakan Kulit

Asam-asam amino dalam tubuh memiliki fungsi utama sebagai unsur pembangun bagi protein. Di sisi lain, asam amino juga berperan sebagai prekursor bagi bahan fisiologis dan sumber energi.

Proses metabolisme tubuh memerlukan asam amino dan menariknya, terdapat 18 asam amino dalam kelopak bunga rosella, termasuk arginin dan legnin yitu dua jenis asam amino yang memiliki peran penting dalam proses peremajaan sel tubuh.

Sebagai Antiseptik

Kelopak bunga rosella juga berfungsi sama dengan halnya hormon insulin mengenai penurunan gula darah yakni membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga tersebut.

Ekstrak dari kuncup bunga rosella ternyata mampu berfungsi sebagai aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretik (melancarkan buang air kecil), sedatif (penenang), antispasmodik (penahan kekejangan), mencegah pembentukan batu ginjal, antihelmintik dan antibakteria (memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri penyebab demam tinggi).

Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daunnyapun juga bisa digunakan untuk penyakit kulit dan juga merawat luka.

Mencegah Anemia (kekurangan darah)

Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh pasalnya zat besi (Fe) berfungsi dalam hal pembentukan sel darah merah (eritrosit). Kebutuhan akan zat besi ini bisa diperoleh dari bunga rosella.

Menu makanan sehari-hari yang tidak menyertakan asupan zat besi yang cukup akan menyebabkan penyakit anemia atau kurang darah. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi rosella. Dengan demikian, kebutuhan zat besi dalam tubuh dapat tercukupi dan pembentukan sel darah merah dan zat pengikat sel darah merah (hemoglobin) dapat berjalan dengan normal tanpa gangguan.

Saat terpenuhi maka kondisi tubuh akan tetap segar dan tidak akan lesu lagi. Ini pertanda produksi eritrosit dan hemoglobin dalam tubuh sudah terpenuhi.

**

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari bunga cantik Rosella. Menjaga kesehatan memang sangatlah penting sebelum terlambat dan kondisi badan anda melemah maka rajinlah mengkomsumsi makanan yang bisa membantu dalam proses meningkatkan daya tahan tubuh. Berolahraga dan hidup sehat adalah penunjangnya. Semoga bermanfaat.