Tips Merancang Dekorasi Perpustakaan di Rumah

Loading...

tips dekorasi perpustakaanBagi Anda pecinta buku, berburu koleksi buku hampir setiap bulannya merupakan agenda wajib tersendiri.

Rasanya ada yang kurang bila tidak membaca buku terbaru, dan biasanya ada saja setiap bulannya buku-buku menarik yang ingin segera Anda lahap.

Namun, dengan beragam koleksi dan luasnya minat Anda tak terasa buku-buku pun bertumpukan di rumah.

Khawatir kamar Anda berubah menjadi gudang penyimpanan buku? Nah, solusi untuk yang satu ini adalah dengan menyediakan ruangan khusus baik sebagian maupun seluruhnya sebagai perpustakaan rumah.

Berikut ini tips merancang dekorasi perpustakaan di rumah sebagaimana disadur dari Freshome.com:

1. Pilih dan sediakan ruangan yang tepat

Aspek paling signifikan untuk membangun sebuah perpustakaan besar di dalam rumah adalah  memilih ruangan yang tepat. Tentunya, akan lebih baik bila ruangan itu memiliki langit-langit yang tinggi dengan ruang yang cukup untuk rak dan aksesoris lainnya.

Anda juga dapat menyisihkan sebagian saja dari ruangan tertentu untuk tujuan ini, namun seluruh ruangan yang didedikasikan untuk perpustakaan akan membuatnya jauh lebih indah.

READ:  Tips Membuat Rumah Anda Terlihat Lebih Luas

Pastikan juga ruangan cukup besar untuk menampung seluruh koleksi buku Anda beserta koleksi yang mungkin masih akan bertambah di masa mendatang.

2. Pilih jenis rak yang Anda rasa bakal tepat

Anda dapat memilih rak built-in, rak dari kayu, atau rak berdiri yang saling terpisah untuk menempati ruangan atau memilih jenis rak yang menggantung di langit-langit.

Yang manapun pilihan Anda pastikan bahwa rak tersebut serasi dengan perabotan yang ada di kamar serta terbuat dari kayu. Rak kayu memberikan perpustakaan rumah Anda kesan otentik dan orisinil yang tak dapat disamai oleh bahan modern lainnya.

3. Warna, tekstur, dan penggunaan bahan

Warna gelap dengan gaya Victoria (Eropa) sering digunakan di perpustakaan untuk memberi nuansa yang lebih antik.

Hal yang sama dapat dilakukan untuk perpustakaan rumah Anda. Sekali lagi penggunaan kayu yang tersusun dari tekstur gelap banyak membantu dalam menangkap esensi ini.

Gaya ini akan cocok dengan setiap koleksi atau tema yang Anda pilih dikarenakan daya tarik interior sedemikian hampir universal.

READ:  Perpustakaan Terindah di Dunia

4. Lengkapi dengan karpet, lampu, meja dan kursi

Gunakan meja dan kursi di dalam perpustakaan rumah Anda sesuai dengan ruang yang tersedia serta menyesuaikan faktor kenyamanan. Anda bisa sedikit berlaku tidak konvensional dengan meletakkan sofa sehingga lebih terasa unsur rumahnya.

Misalnya saja sebuah televisi kecil yang dimasukkan ke dalam kabin tertutup, karpet mewah, dan lampu antik akan menambah keindahan interior.

Bagaimanapun hal ini tegolong pilihan pribadi sehingga Anda dapat melakukannya sesuai selera.

5. Gunakan teknik pencahayaan

Gunakan pencahayaan yang cerdas sehingga membawa keindahan pada buku langka dan spesial kesukaan Anda sehingga menutupi tampilan butut dari buku-buku lama.

Perpustakaan rumah Anda dapat diubah dan diganti dengan menggunakan pencahayaan dengan berbagai pola yang berbeda.

Pencahayaan lembut semestinya paling sering digunakan, yang  mencerminkan mood serta nuansa penuh pembelajaran.

**

Terlepas dari semua itu, kita juga dapat menambah kelas tampilan perpustakaan dengan meletakkan tanaman yang menambah kesegaran perpustakaan rumah. Karena dinding sudah penuh dengan buku-buku, maka dekorasi berdiri akan cocok memberikan tambahan keindahan pada perpustakaan rumah Anda.

READ:  10 Inspirasi Desain Rumah Retro

Jika Anda ingin mengembangkannya lebih jauh untuk membuat perpustakaan favorit dan idaman di rumah Anda sendiri, tentunya mesti bersedia untuk menghabiskan dana yang lebih.

Meski begitu, Anda mesti tetap bijak dalam memperhitungkan prioritas keuangan rumah tangga Anda agar bisa tetap tenang membaca tanpa pusing dengan biaya dan pengeluaran dari mendekorasi perpustakaan di rumah Anda.

(foto: VARNISHdesign, flickr.com)