Tips Mengobati Kecelakaan Kecil Sehari-hari

Loading...

mengobati luka kecilDalam melakukan aktivitas sehari-hari, terkadang kita mengalami hal yang tidak menyenangkan, yaitu kecelakaan kecil yang terjadi di rumah maupun tempat kerja.

Meskipun terbilang ringan dan tidak menimbulkan luka berat, beberapa kecelakaan kecil tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kita dan jika diabaikan, bisa saja menimbulkan efek maupun luka yang lebih buruk.

Terutama bagi ibu rumah tangga, seringkali kejadian seperti jari teriris pisau maupun tangan terpercik minyak panas dapat menimbulkan bekas luka jika tak diobati secepatnya.

Berikut beberapa contoh kecelakaan kecil dan bagaimana pengobatannya sebagai pertolongan pertama.

1. Kulit terkena benda panas

Pertolongan pertama pada luka bakar yang ditimbulkan akibat terkena percikan minyak panas, air panas maupun setrika adalah dengan membasuhnya dengan air mengalir bersuhu normal (tidak terlalu dingin dan tidak panas), seperti air mineral untuk menetralisir rasa panas pada kulit.

Setelah itu keringkan dengan handuk yang bersih. Berikan salep khusus untuk luka bakar dan pastikan kulit yang terbakar tetap teroles salep tersebut.

Dalam 2 sampai 3 hari, biasanya luka bakar akan mengering dan terlihat lebih baik.

Untuk bekas luka, saat ini juga banyak salep yang dapat mengurangi bekas luka pada kulit terbakar.

READ:  Kenali Kehebatan Vitamin E Lebih Dekat

2. Kapas cutton bud tertinggal di telinga

Hal ini tentu saja bisa membuat kita ketakutan karena kapas cutton bud tertinggal di dalam telinga dan kita tak dapat dengan mudah mengambilnya.

Sebenarnya benda atau kotoran yang ada di dalam telinga dapat keluar sendirinya saat kita melakukan aktivitas seperti menguap dan mengunyah.

Namun, ada juga hal yang bisa dicoba seperti mengambilnya dengan jepitan atau pinset. Jepitan obras misalnya, mempunyai bentuk panjang dan ujung yang kecil hingga memudahkan kita mengambil kapas yang tertinggal di telinga.

Jangan berusaha mengambilnya dengan benda tumpul maupun yang berukuran sebesar lubang telinga karena dapat membuat kapas semakin terdorong kedalam.

Pergi segera ke dokter THT juga dapat menjadi pilihan.

3. Kaki terkilir atau keseleo

Keseleo maupun terkilir terasa amat sakit. Terkadang kaki juga bengkak karenanya. Selain itu, adakala kaki terasa dingin, berat dan tidak dapat digerakkan karena rasa sakit yang hebat.

Pergi ke tukang urut sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan bengkak yang semakin menjadi.

Hal yang dapat anda lakukan sendiri adalah dengan memberikan kompres dingin di bagian yang keseleo. Selain itu, merendamnya di dalam es batu juga dapat meredakan bengkak dan memberikan rasa nyaman pada kaki.

READ:  Minyak Almond, Rahasia Rambut dan Kulit Indah

Anda juga dapat membungkusnya dengan perban elastik selama beberapa hari hingga bengkak bekurang.

4. Mata kelilipan

Hindari mengucek mata. Meski hal ini secara reflek sering dilakukan, mengucek mata akan membuat mata semakin merah dan meradang.

Hal termudah yang dapat dilakukan adalah dengan rileks memejamkan mata selama beberapa saat.

Pastikan tubuh juga dalam keadaan rileks sehingga otot di sekitar mata juga rileks. Setelah beberapa saat, buka mata anda dan niscaya mata tidak merah lagi dan tidak terasa ada benda yang mengganjal.

5. Jari teriris

Jari teriris atau tersayat benda tajam biasa terjadi di dapur. Cara termudah sebagai pertolongan pertama adalah dengan membasudnya dengan air bersih mengalir, mengeringkannya dengan kain atau handuk bersih dan memberi obat luka.

6. Benda masuk ke kulit

Pecahan kaca, lidi, maupun benda berukuran kecil dan tajam lainnya bisa saja masuk ke dalam kulit dan menimbulkan luka yang amat perih.

Biasanya kita menyadari jika setelah beberapa saat ada bagian tubuh yang sakit, biasanya jari kaki atau tangan.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah membasuhnya dengan air bersih hingga kulit terasa sedikit lunak dan tidak kering.

READ:  8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Anda dapat mencabut benda tersebut dengan menggunakan pinset yang sudah steril, yaitu dengan membakar ujungnya dan mendinginkannya, maupun dengan membasuhnya dengan cairan antiseptik. Tarik keluar benda tersebut searah dengan masuknya.

Setelah benda keluar, basuh kembali dengan air bersih, keringkan, dan balut dengan plester.

**

Untuk memudahkan melakukan pertolongan pertama pada luka atau kecelakaan kecil yang dapat terjadi pada kita maupun anak-anak, sebaiknya menyimpan beberapa obat seperti cairan antiseptik, obat luka seperti obat merah, plester dan lain sebagainya.

Tetap waspadai luka kecil yang bisa berakibat fatal seperti infeksi dan lain sebagainya dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas harian anda.

(foto: idiva.com)