Cara Membuat Salad Asparagus dengan Udang

Loading...

salad asparagusSalad merupakan salah satu jenis makanan yang semakin populer.

Salad biasanya terbuat dari sayur dan buah-buahan meskipun tak jarang juga ada salad yang dibuat dengan menambahkan daging di dalamnya.

Pada umumnya salad disajikan dengan saus atau dressing yang bisa menambah cita rasa salad itu sendiri. Beberapa contoh salad dressing antara lain, saus balsamic atau saus madu dengan mustard.

Salad merupakan makanan sehat yang akan mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. Kandungan lemak yang minim membuat salad banyak disukai dan dimasukkan ke dalam menu diet harian. Selain itu, salad juga biasanya menjadi makanan utama para vegetarian.

Membuat salad Anda sendiri tentu lebih terjamin kesehatannya karena Anda dapat mengontrol apa saja yang perlu Anda tambahkan. Anda juga dapat memodifikasi salad dengan memasukkan bahan atau sayuran tertentu.

Dengan demikian Anda paham kalori dan nutrisi yang terkandung dalam salad buatan Anda. Dan juga, tentu lebih murah dan terjaga kebersihannya.

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat salad sendiri, berikut resep dan tips cara membuat salad asparagus dengan udang seperti yang dikutip dari simply recipes:

A. Yang Anda Butuhkan:

  • 4 ons Asparagus, buang ujung batangnya.
  • 2 ons Udang merah muda.
  • ¼ Minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil)
  • 1 siung Bawang putih, cincang halus (Anda bisa menambahkan 1 siung lagi jika Anda suka, tergantung selera dan seberapa besar Anda menyukai bawang putih)
  • 1 sdm Jus lemon atau air perasan jeruk lemon.
  • 1 sdm Daun parsley segar, cincang halus.
  • Garam dan lada hitam (tumbuk agak kasar) secukupnya (untuk perasa)
READ:  Tips dan Cara Membuat Pesto Salad Telur

B. Cara Membuat:

1. Tuangkan dan didihkan air secukupnya ke dalam panci dan tambahkan sedikit garam.

2. Tuangkan asparagus. Biarkan asparagus masak di dalam air mendidih selama 3 menit.

3. Angkat asparagus dengan menggunakan saringan lalu letakkan di dalam mangkuk bersih.

4. Masukkan udang yang telah dibersihkan ke dalam air mendidih. Biarkan selama beberapa saat sampai udang matang (30 detik), angkat.

5. Potong – potong asparagus secara tipis melintang.

6. Campurkan potongan asparagus dan udang di dalam wadah kemudian tuangkan semua sisa bahan (parsley, bawang putih, olive oil, jus lemon, lada hitam, dan garam). Aduk hingga rata. Sajikan.

Porsi: 4 Porsi.

(foto: simplyrecipes.com)