Resep dan Cara Membuat Eggnog

Loading...

resep eggnogSalah satu teori menyebutkan bahwa eggnog merupakan resep warisan dan yang merupakan minuman abad ke-14.

Sangat populer di Eropa Abad Pertengahan. Namun, ada juga yang menyebutkan awalnya eggnog dipopulerkan oleh para tentara koloni Amerika.

Eggnog sendiri dibuat dengan cara mencampur telur bersama susu panas manis, krim, serta gula. Selain itu sering pula ditambahkan dengan sedikit brandy, rum, wiski, bourbon, vodka, atau kombinasi dari minuman keras lainnya agar rasanya lebih nikmat.

Ketika eggnog selesai dibuat, biasanya akan ditaburkan sedikit bubuk kayu manis atau pala di atasnya agar eggnog bisa mengeluarkan bau yang khas.

Nah, Eggnog ini biasa disajikan pada saat natal atau acara – acara besar maupun pada hari libur oleh orang – orang Amerika dan Eropa. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuatnya, berikut contekan resep dan cara membuat eggnog seperti yang dikutip dari simply recipes:

A. Yang Anda Butuhkan:

  • 4 kuning telur
  • ½ cangkir gula pasir
  • 2 cangkir susu cair
  • 2 butir cengkeh
  • Sejumput kayu manis
  • 1 cangkir krim
  • 1 sdt pala segar, parut
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 2 sdm untuk masing – masing bourbon dan rum atau brandy, atau sesuai selera (Anda juga boleh tidak memakai brandy jika anak Anda juga meminum eggnog)
  • 4 putih telur (opsional)
READ:  10 Resep Mudah Camilan Tengah Malam

B. Cara Membuat:

1. Kocok kuning telur dalam mangkuk besar dengan menggunakan mixer hingga warnanya berubah menjadi agak muda. Lalu kemudian tambahkan gula pasir secara perlahan dan kocok terus hingga mengembang.

2. Campurkan susu, cengkeh dan kayu manis dalam panci yang di bawahnya telah diletakkan panci lebih besar dan diisi dengan air (proses tim). Kocok terus hingga susu mengeluarkan uapnya. Ingat, hanya cukup air panas, jaga agar airnya tidak mendidih, untuk itu, gunakan api kecil hingga sedang.

3. Kocok telur sambil dituangkan campuran susu panas secara perlahan. Lalu letakkan kembali campuran susu dengan telur di atas panci air lebih besar (seperti proses tim tadi).

4. Masak dalam panas yang medium. Aduk dengan menggunakan pengaduk kayu sampai campuran berubah menjadi agak sedikit tebal (suhunya kira-kira jadi 160 ° F). Jangan sampai campuran mendidih!

5. Proses selanjutnya adalah mencampurnya dengan krim ketika campuran telah siap. Aduk campuran yang telah dicampur dengan krim hingga rata.

READ:  Tips Membuat Brownies Sehat Nan Nikmat

6. Saring campuran eggnog agar cengkeh bisa dibuang. Biarkan dingin selama satu jam.

7. Setelah dingin, baru campurkan ekstrak vanili, pala, dan bourbon / rum dan brendi. Sajikan.

* 4 putih telur (opsional)

Caranya: Kocok putih telur hingga berbusa lembut. Tambahkan 1 sdt gula pasir dan kocok terus hingga kaku. Lalu ambil satu sdm busa telur dan letakkan di atas eggnog.

Catatan: Karena adanya resiko bakteri salmonella di dalam telur mentah, maka disarankan agar anak kecil, orang tua yag berumur di atas 45 tahun dan yang memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang tidak begitu baik untuk tidak mengkonsumsi eggnog yang menggunakan busa atau foam dari telur, kecuali jika Anda menggunakan telur yang telah dipasteurisasi.

(foto: inspired.ca)