7 Tips dan Cara Mudah Packing Koper

Loading...

packingSeringkali hal yang satu ini menjadi masalah saat akan berpergian : packing. Ya, kedengarannya memang mudah, hanya memasukkan barang yang kita mau ke dalam koper dan segera berangkat.

Namun, karena berat bagasi pesawat yang terbatas, perbandingan ukuran dan jumlah bawaan yang tak seimbang, hingga bingung meletakkan barang pecah belah di dalam koper, packing sering menjadi masalah yang menyebalkan.

Bawaan anda sebaiknya sesuai dengan berapa lama anda akan berpergian. Hal ini untuk menghindari terbawanya barang-barang yang tidak dipakai nantinya dan hanya akan memberatkan koper.

Kalikan jumlah pakaian dengan berapa kali dalam sehari anda perlu mengganti baju, dengan perkiraan sederhana seperti ini, anda akan terhindar dari banyaknya pakaian yang ternyata tidak terpakai.

Selain itu, bagi anda yang berpergian dengan pesawat terbang, berat maksimum barang bawaan di bagasi amatlah penting untuk diketahui.

Jika batas maksimum berat tidak banyak, usahakan tidak membawa barang yang berat. Pakaian berbahan berat bisa diganti dengan yang berbahan ringan. Begitu juga dengan peralatan mandi yang sebaiknya berukuran kecil.

READ:  Wajib Coba 5 Lokasi Kuliner Berbeda di Jakarta

Untuk anda yang sering kebingungan mengatur barang bawaan hingga packing menjadi lebih ringan dan ringkas, berikut tips packing koper dari kami.

1. Gulung pakaian

Sebagian besar orang mungkin melipat pakaian dengan normal seperti kita meletakkannya dalam lemari pakaian dan hal yang serupa juga kita lakukan untuk packing.

Cobalah menggulung satu persatu pakaian anda yang sudah dalam kondisi terlipat dan letakkan dimulai dari sudut koper. Dengan begini, anda akan memiliki lebih banyak space kosong untuk barang yang lain.

2. Barang bervolume besar dan kecil

Letakkan terlebih dahulu barang bervolume besar seperti pakaian, sepatu dan lain sebagainya di dasar koper dan barang bervolume kecil di atasnya.

3. Kaos kaki dalam sepatu

Kaos kaki dapat digulung dan dimasukkan ke dalam sepatu yang anda akan bawa. Tentunya sepatu anda sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Hal ini dapat meringkas dan juga memanfaatkan space kecil yang terdapat di dalam sepatu.

4. Barang pecah belah

Jika anda membawa beberapa barang pecah belah atau yang mudah rapuh, anda dapat meletakkannya di antara tumpukkan pakaian untuk menghindari barang tersebut pecah dan rusak.

READ:  Penikmat Kuliner? Berani Mencoba 5 Makanan Paling Menjijikan di Dunia Ini?

5. Kelompokkan berdasarkan jenisnya

Sebaiknya anda meletakkan beberapa bawaan berdasarkan jenisnya, untuk memudahkan anda membongkar barang bawaan nantinya.

Pakaian dalam misalnya, dapat anda masukkan ke dalam plastik kecil yang tidak mengembang jika ditutup.

Alat-alat mandipun juga demikian. Karena beberapa barang berupa benda cair yang dapat tumpah, pastikan telah tertutup erat dan letakkan bersama ke dalam plastik untuk tidak tumpah dan mengotori barang bawaan lainnya.

6. Buku dan Alat Tulis

Dalam koper biasanya ada beberapa kantong tambahan yang cukup besar maupun kecil. Jika anda membawa buku, anda dapat meletakkan ke dalam kantong tersebut. Begitu pula dengan alat tulis lainnya.

Usahakan tidak menata buku secara menumpuk karena dapat mengakibatkan koper sulit untuk ditutup

7. Handuk

Handuk dapat diletakkan terakhir setelah anda selesai meringkas semua barang lainnya. Letakkan handuk secara terbuka seperti menyelimuti seluruh barang bawaan.

**

Meski packing dapat menjadi hal yang tidak menyenangkan, jika anda telah mempersiapkan waktu yang tepat untuk packing dan merencanakan barang bawaan dengan baik, packing akan terasa amat menyenangkan dan anda pun siap untuk berpergian.

READ:  7 Tips Aman Traveling Sendirian

Bon voyage!

(foto: sheknows.com)