5 Tips Dekorasi Ruang Keluarga

Loading...

tips ruang keluargaBagi Anda pasangan yang telah memiliki anak, mendekorasi ruang keluarga tidaklah sesulit perawatannya.

Bagaimana tidak? Setelah capek-capek mendesain ruang keluarga yang nyaman dan indah, anak dapat dengan mudah merubahnya. Entah menjadikannya ‘kapal pecah’, barang-barang yang tak sengaja dijatuhkannya, hingga beragam keruwetan lainnya.

Oleh karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu beberapa tips pilihan untuk mendekorasi ruang keluarga seperti dilansir hgtv.com:

1. Pertimbangkan keseharian keluarga Anda

Dekorasi ruang keluarga yang indah akan percuma bila berakhir menjadi ‘zona terlarang’, ‘dilarang lewat’, sampai ‘ruang bebas mainan”.

Jangan sertakan hiasan pecah belah bila ruang keluarga adalah tempat favorit anak untuk bermain. Perhatikan rutinitas di keluarga Anda sebelum menentukan dekorasi yang tepat.

2. Jangan menunggu anak lebih besar untuk mendekorasi ruangan

Meskipun demikian, bukan berarti Anda mesti menunda dekorasi ruang keluarga hingga anak berusia lebih besar. Bila anak terbiasa tidak rapi maka rencana merombak tampilan ruang keluarga akan sulit terwujud pada saat yang dinantikan.

Oleh sebab itu, dengan mempertimbangkan rutinitas sebagaimana saran sebelumnya, mulailah menghias ruang keluarga sesegera mungkin bahkan saat usia anak tengah aktif sekalipun.

READ:  4 Tips Memilih Gorden Yang Baik Di Dalam Rumah

Anak juga bisa belajar menghargai keindahan dan kerapian. Anda bisa melibatkannya untuk pilihan warna maupun aksesoris sehingga muncul rasa kepemilikan.

3. Sediakan ruang khusus untuk anak-anak

Sediakan ruang bagi anak-anak untuk melakukan kesukaannya di ruang keluarga. Salah satu cara untuk menjadikan ruang keluarga Anda semakin nyaman bagi seluruh anggotanya adalah dengan menyediakan ruang khusus di beberapa bagian.

Misalnya saja, jika si sulung suka membaca buku sediakanlah entah di pojokan atau bagian lain berupa bantal atau meja kecil tempat untuknya membaca dengan santai. Atau jika si bungsu suka bermain menyusun lego, sediakan ruang yang agak luas seperti di tengah ruangan beralaskan karpet khusus untuk tempatnya bereksprerimen.

Dengan begitu, mereka akan lebih terdorong untuk melakukan aktivitas tersebut daripada kegiatan lain yang mengancam dekorasi seperti mengacak-acak susunan aksesori.

4. Sediakan tempat penyimpanan di dalam ruangan

Selain menyediakan ruang khusus bagi anak melakukan hobinya di ruang keluarga, Anda mesti pula menyediakan tempat penyimpanannya.

Untuk mainannya yang biasa berserakan dapat segera dirapikan dengan sebuah keranjang yang telah tersedia dikhususkan untuknya, atau rak buku kecil untuk anak yang gemar membaca buku, atau bisa juga dengan mengkhususkan sebuah bagian dari furnitur seperti laci atau lemari di ruang keluarga untuk mengatasi hal-hal tersebut.

READ:  Tips Dekorasi Ruang Keluarga Minimalis

Dengan demikian, membereskannya lebih mudah dikarenakan tempat penyimpanan yang dekat. Anak pun bisa dididik untuk merapikan barang-barangnya sendiri, dan Anda tak perlu stress

5. Bersiaplah untuk bencana

Sesempurna apapun Anda telah menyiapkan ruang keluarga, baik dari segi pilihan furnitur maupun aksesoris, namun bila sudah berurusan dengan anak-anak, yang namanya kekacauan selalu bisa terjadi. Baik sofa yang mendadak kotor terkena kecap, jus yang tertumpah di karpet, sampai tembok yang tercoret.

Oleh karena itu, sediakan selalu tisu ataupun kain lap untuk beragam kondisi darurat. Bersikap sabar, sebuah noda di atas sofa tidak untuk disikapi secara berlebihan. Ingat-ingat pula untuk sering tertawa, sebab jika sudah berurusan dengan anak hal-hal demikian banyak dialami hampir semua orang. Namanya juga anak-anak.

***

Demikian tips dekorasi ruang keluarga yang nyaman bagi anak. Semoga bermanfaat bagi Anda memperindah tempat tinggal. Tetap memperhitungkan anggaran dengan bijak dan selamat berkreasi!

(foto: DesignShuffle – Flickr.com)