Resep dan Cara Membuat Zabaglione

Loading...

resep zabaglioneZabaglione adalah hidangan penutup sederhana asal Italia yang terbuat dari kuning telur, gula dan anggur marsala (wine).

Hidangan ini biasanya disajikan saat masih hangat, walaupun masih bisa dinikmati ketika sudah dingin. Dapat dijadikan sebagai saus atau dibekukan.

The Gourmet Sleuth menuliskan bahwa Zabaglione mulai dibuat sejak abad ke-16 di Florence, Italia pada pelataran Medici.

Desert ini lebih diklasifikasikan sebagai Caudle dari pada Custard.

Caudle sendiri adalah saus yang digunakan sebagai isian untuk kemudian diisi ke dalam kue pie atau tart. Meskipun begitu sajian ini juga tetap bisa disebut custard.

Jika Anda tertarik untuk membuat Zabaglione, berikut resep Zabaglione yang dikutip dari Simply Recipe yang mungkin bisa Anda coba praktekkan di rumah.

Yang Anda Butuhkan:

  • 6 Kuning telur ayam
  • 1/3 Cangkir gula pasir
  • ¾ Gelas anggur marsala (wine)
  • 1 sdt parutan kulit jeruk lemon
  • Bubuk kayu manis secukupnya
  • Ekstrak vanili secukupnya
  • 1 Cangkir krim kental atau heavy cream, kocok
  • Buah Stroberi, Raspberry atau Biscotti (semacam biscuit)
READ:  Yummy, 3 Resep Makanan Penutup 'Oreo'

Cara Membuat:

1. Campurkan kuning telur dan gula pasir dalam mangkuk stainless steel besar. Masukkan juga parutan kulit jeruk lemon dan sejumput kayu manis serta setetes ekstrak vanili. Aduk dengan menggunakan kocokan telur secara perlahan.

2. Setelah diaduk, tuangkan anggur marsala atau wine ke dalam mangkuk. Jika Anda tidak punya anggur marsala, Anda bisa menggantinya dengan vermouth manis.

3. Didihkan air dalam panci berukuran sedang. Setelah mendidih kurangi besar api (kecilkan api) lalu letakkan mangkuk stainless steel di atas panci yang berisi air panas tersebut lalu aduk dengan menggunakan kocokan telur secara perlahan dan memutar. Pastikan air yang di dalam panci tidak mendidih agar campuran kuning telur tetap lembut.

4. Aduk terus selama 10 menit hingga volume campuran kuning telur bertambah kira-kira 3 kali lipatnya dan berubah warna menjadi agak pucat.

5. Setelah mengental, angkat mangkuk.

6. Campuran kuning telur ini bisa langsung digunakan sebagai saus. Jika Anda menginginkan tekstur yang lebih tebal, masak lagi saus selama 3 hingga 4 menit.

READ:  3 Resep Koktail Buah Rendah Kalori

7. Aduk custard selama beberapa saat setelah diangkat dari panci agar tidak ada custard yang menempel di mangkuk.

8. Sajikan custard selagi hangat. Jika Anda ingin mennyajikannya dingin, sisihkan custard selama 15 menit. Kocok krim kental atau heavy cream sampai lembut. Tambahkan whipped cream lalu letakkan sedikit di atas custard. Tambahkan lagi whipped cream jika mau.

9. Potong menjadi dadu kecil buah stroberi, raspberry atau biscotti letakkan di atas whipped cream. Sajikan.

(foto: simplyrecipes.com)