Bingung Memilih Buah Tangan saat Pulang Liburan? Ini dia Tipsnya!

Loading...

tips membeli suvenirJangan lupa ole-olenya ya!“. Kalimat ini sering dilontarkan keluarga maupun teman saat kita akan berlibur.

Memang tak lengkap rasanya jika tak membeli buah tangan dari tujuan wisata untuk kita sendiri maupun orang lain.

Terlebih lagi jika kita berwisata di tempat yang jauh, seperti luar negeri, yang memiliki budaya dan benda-benda khas lainnya yang tak ada di Indonesia.

Gantungan kunci, camilan khas daerah tertentu, patung, dekorasi rumah, lampu hias, lukisan, pakaian, ah betapa banyaknya aneka ragam jenis buah tangan yang seringkali membuat kita bingung.

Belum lagi jika harga barang-barang tersebut terbilang mahal. Nah, bagaimana caranya membeli oleh-oleh tapi tetap sesuai budget?

Untuk memilih buah tangan terbaik sebagai kenang-kenangan liburan anda, berikut tips dari kami.

1. Check List

Buatlah daftar nama-nama orang yang ingin anda beri oleh-oleh. Mulai dari keluarga, teman hingga beberapa tetangga.

Ada baiknya juga untuk mempertimbangkan membeli oleh-oleh untuk satu keluarga sekaligus, sehingga kita tak perlu membeli untuk anggota keluarga tersebut satu persatu.

READ:  Asyiknya Wisata Pemandian Mattampa di Pangkep

Tentunya hal ini juga dapat menghemat pengeluaran.

Selain itu, anda juga dapat menulis benda-benda favorit mereka sehingga dapat menjadi acuan. Dengan mencatatnya dengan baik, kita tidak akan kebingungan saat memilih di toko suvenir.

2. Perhatikan ukuran koper atau kapasitas bawaan anda

Perencanaan membeli oleh-oleh yang buruk dapat membuat barang bawaan anda saat pulang menjadi lebih dari yang diharuskan. Apalagi jika ada batasan maksimum berat koper, anda pasti akan kebingungan.

Hitung dan perkiraan berat bawaan anda dan berapa banyak oleh-oleh yang sekiranya muat dan tidak membuat koper anda overweight.

3. Kecil pun juga tetap indah

Oleh-oleh tak berarti harus berkuran besar, beberapa benda kecil pun tetap dapat menjadi souvenir yang menarik.

Beberapa barang seperti gantungan kunci, magnet lemari es, gelang kecil maupun dekorasi rumah berukuran kecil lainnya dapat menjadi buah tangan yang unik.

Banyak juga aksesoris lainnya yang tetap bagus untuk dijadikan buah tangan meskipun berukuran mini.

4. Kegunaan

Pertimbangkan juga memilih oleh-oleh yang bermanfaat. Ada beberapa barang yang juga dapat berguna untuk sehari-hari dan dapat dibawa kemana-mana.

READ:  7 Tempat Yang Harus Anda Kunjungi di Asia

5. Barang yang khas

Yang membuat oleh-oleh menarik adalah jika benda tersebut hanya terdapat di tempat atau negara kunjungan. Selain itu, beberapa barang dengan tulisan nama kota atau negara tujuan juga terlihat menarik.

Belilah barang yang kira-kira menggambarkan tempat kunjungan.

6. Kualitas Barang

Hal yang satu ini bukan berarti anda harus membeli benda yang berkualitas tinggi. Beberapa benda yang berkualitas tinggi biasanya juga berharga mahal.

Namun, memperhatikan kualitas barang juga cukup penting. Ada beberapa benda yang sangat gampang rusak dan terbuat dari benda yang cepat rapuh.

Terutama untuk makanan, cek kembali tanggal kadaluarsa dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, siapa tahu tidak baik untuk dikonsumsi.

6. Usahakan tidak membelinya saat akan pulang

Luangkan waktu khusus sebelum tanggal kepulangan untuk mencari buah tangan. Jika tidak, anda akan tergesa-gesa membeli dan melupakan beberapa barang yang memang sudah direncanakan.

**

Yang terpenting, belilah buah tangan yang tidak merepotkan anda selama perjalanan. Selamat membeli ole-ole!

READ:  10 Hotel Bersejarah di Amerika Serikat

(foto: wikimedia.org)