Penyebab Rambut Rontok dan Bercabang

Loading...

Rambut sehat Rambut sehat  bebas rontok dan bercabang

Jika kutikula (lapisan ketiga terluar dari rambut) rusak, rambut akan menjadi kering sehingga akan menyebabkan terjadinya rambut rontok. Rambut yang rontok atau bercabang membuat rambut nampak kusam dan tidak bersinar sehingga rambut akan kehilangan tekstur dan volumenya. Dalam hal ini, satu-satunya hal yang paling instan yang patut untuk dicoba adalah dengan memotong ujung-ujung rambut (men-trap rambut).

Nah, apa penyebab rambut rontok dan bercabang? Simak 6 penyebab berikut:

1. Terlalu Sering Menyisir Rambut

Orang yang selalu ingin tampil rapi biasanya sering menyisir rambut. Padahal terlalu sering menyisir rambut dapat menyebabkan rambut gampang patah dan rontok.

2. Diet Yang Buruk

Diet yang berlebihan dan tidak sehat akan mengurangi asupan nutrisi yang masuk dan dibutuhkan tubuh. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan agar rambut tetap tumbuh sehat berasal dari sayuran dan buah-buah segar. Maka dari itu, jangan diet berlebihan dan jaga asupan makanan yang masuk agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Sebagai saran, konsumsilah sayuran yang berwarna hijau tua, kacang-kacangan, telur, produk yang berasal dari susu rendah lemak dan wortel.

READ:  Manfaatkan Khasiat Telur untuk Rambut Lebih Halus

3. Terlalu Sering Menggunakan Alat Styling Rambut

Alat styling rambut akan membuat rambut menjadi semakin kering. Batasi penggunaan alat styling rambut seperti alat catok, alat keriting dan lain-lain.

4. Menggunakan Bahan – Bahan Kimia

Produk kimia yang digunakan (misalnya, pewarna rambut) akan mempercepat proses kerusakan rambut karena produk kimia tersebut akan menimbulkan panas bagi rambut. Mungkin Anda akan merasa keren dan rambut terlihat cantik seketika. Tapi pada dasarnya saat Anda mewarna rambut Anda, saat itulah proses perusakan rambut secara sengaja dilakukan.

5.  Terlalu Sering Keramas

Agar rambut sehat, kulit kepala memang harus bersih. Dan untuk itu kita harus menggunakan shampoo dan kondisioner untuk keramas. Namun, ternyata dengan keramas setiap hari akan membuat rambut kering dan rambut kehilangan kelembaban alaminya. Mintalah rekomendasi dari trichologist agar tahu shampoo yang cocok untuk rambut Anda.

6. Menggunakan Aksesoris Yang Bisa Menyiksa Rambut

Mengikat rambut dengan karet yang terlalu kencang akan membuat rambut sulit bernapas dan gampang tertarik sehingga rontok. Hindari mengepang rambut dengan rapat. Disarankan agar menggunakan pengikat rambut yang tidak terlalu kencang atau jepitan rambut. Jangan gunakan aksesoris atau jepit rambut dari logam atau besi karena dapat menarik rambut ketika akan menguluarkannya sehingga rambut dapat putus.

READ:  6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

(photo:wallpaperstock.net)