Diet Berdasarkan Golongan Darah, Kenapa Tidak?

Loading...

Diet Berdasarkan Golongan DarahMenyesuaikan makanan yang dikonsumsi berdasarkan golongan darah

Jika saat ini Anda sedang dalam program diet dan masih ingin mencoba untuk diet sehat dengan cara lain, cobalah diet berdasarkan golongan darah.

Menurut dr. Peter Dadamo, penulis buku Eat Right For Your Type, golongan darah berkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi. Dalam tubuh akan terjadi reaksi kimia antara darah dengan makanan yang Anda makan. Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetik yang  dipicu oleh adanya lectin. Sebagian besar lectin yang terdapat pada makanan tidak membahayakan bagi kehidupan, namun tetap menimbulkan berbagai masalah, khususnya jika lectin tersebut khusus untuk jenis darah tertentu. Anda bisa mengatasi ini dengan menyesuaikan golongan darah dengan makanan yang Anda makan.

Golongan Darah O

Anda harus menghindari sumber protein hewani, seperti daging angsa, lele, telur dan gurita serta kacang-kacangan seperti kacang merah, navy beans (sejenis kacang loto), dan kacang lentil. Buah untuk diet golongan darah O yang dianjurkan adalah buah yang bersifat alkali (basa) seperti pulm, sedangkan yang harus dihindari adalah alpukat, blackberi, pisang, kelapa dan jeruk.

READ:  Diet Aman dan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Golongan Darah A

Banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran organik segar dalam keadaan mentah atau boleh dikukus sebentar tetapi harus mengurangi konsumsi susu yang mengandung lemak dan daging. Buah untuk diet golongan darah A yang disarankan adalah yang bersifat basa seperti wortel dan aprikot. Sedangkan yang harus dihindari yaitu buah yang bersifat asam seperti jeruk, pepaya dan mangga.

Golongan Darah B

Biasanya sangat praktis dan lebih mudah menurunkan berat badan jadi diperbolehkan melahap berbagai jenis seafood, biji-bijian, roti, sayuran, atau produk susu. Yang harus dihindari kacang-kacangan dan buncis, karena bahan makanan tersebut dapat menaikkan berat badan. Dan buah untuk diet golongan darah B yang dianjurkan adalah wortel, pisang, anggur dan pepaya, sedangkan yang harus dihindari adalah alpukat, labu, tomat, kelapa dan belimbimg.

Golongan Darah AB

Dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi biji-bijian, sayuran, buah dan ikan. Bahan makanan yang harus dihindari adalah daging merah, ayam, kerang, jagung, dan bahan karbohidrat olahan seperti roti dan permen. Buah yang disarankan adalah mentimun, wortel, cerry, anggur, kiwi, jeruk, nanas dan pepaya. Sedangkan yang harus dihindari adalah alpukat, pisang, kelapa, jambu biji, mangga, dan belimbing.

READ:  5 Makanan Terbaik untuk Kulit Seksi

Nah, siapkah Anda untuk diet?

(photo: wisdomtimes.com)