Cara Mudah Menghadapi Anak Malas ke Sekolah

Loading...

mengatasi anak malas sekolahSebagian besar anak mengeluh tidak menyukai sekolah, dan lebih senang bila dibiarkan tinggal di rumah. Ini adalah waktu dimana peran orang tua sangat dibutuhkan.

Ketika Anda merasa bahwa anak Anda malas bersekolah, orang tua harus mengidentifikasi apa masalah yang sesungguhnya terjadi.

Mungkin saja faktornya hanya karena rasa bosan atau faktor stres yang membuat anak membenci sekolah.

Nah, artikel ini dapat membantu orang tua untuk memahami setiap detail yang perlu diketahui tentang bagaimana membuat anak menyukai sekolah.

Ini adalah masalah umum yang banyak dihadapi para orang tua.

Seperti yang kita semua ketahui, sekolah adalah tempat dimana anak belajar, mendapatkan pendidikan dan menyelesaikan kurikulum standar yang ditetapkan. Tapi mungkin tidak semua anak merasa nyaman dan suka akan hal itu, karena kadang anak memiliki imajinasinya sendiri.

Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan anak malas ke sekolah, seperti berikut ini:

  • Merasa bosan dengan kegiatan sekolah.
  • Merasa pelajaran di sekolah cukup sulit untuk dipahami sehingga mencari alasan untuk tidak ke sekolah.
  • Memiliki masalah dengan beberapa teman di sekolah, dan tidak mampu menjalin pertemanan dengan orang lain.
  • Ada teman yang sering mengusili atau menjahili anak Anda, sehingga merasa takut untuk ke sekolah.
  • Anak merasa bodoh bila dibandingkan dengan teman-teman yang lain.
  • Sebagian anak merasa sekolah seperti penjara karena merasa tertekan di dalamnya, sehingga merasa lelah atau stres karena tidak menikmati sekolah.
READ:  5 Ide Aktivitas Sosial yang Patut Dicoba

Jika Anda termasuk orang tua yang merasa bahwa anak Anda malas ke sekolah karena alasan diatas, cobalah melakukan tips dan cara menghadapi anak malas ke sekolah berikut ini:

Selidiki akar masalah

Orang tua harus terlebih dahulu mengidentifikasi akar dari permasalahan tersebut. Setelah tahu akarnya, Anda baru bisa memutuskan langkah seperti apa yang harus dan dapat Anda lakukan.

Orang tua bisa memikirkan cara menarik yang dapat membuat anak bersemangat ke sekolah.

Menghilangkan kekerasan di sekolah

Kadang anak malas ke sekolah karena mereka takut terhadap beberapa anak lain yang mungkin sering menjahilinya di sekolah. Oleh karena itu Anda harus menghentikan hal tersebut.

Bicarakan dengan guru atau kepala sekolah, bahkan jika memungkinkan langsung bicarakan dengan orang tua anak tersebut. Dalam kasus ini, Anda juga dapat mengajarkan anak Anda menghadapi para pengganggu dengan memasukkannya dalam sekolah beladiri.

Hal ini dapat membantu anak mendapatkan rasa percaya diri, serta membuat teman sekelasnya merasa hormat dan segan pada anak Anda.

READ:  3 Makanan Tradisional Jawa Barat Yang Nikmat Di Lidah

Bantu anak untuk mendapatkan teman di sekolah

Ketika anak memiliki sekelompok teman, mereka akan lebih menikmati sekolah. Jadi ketika anak Anda malas ke sekolah karena alasan tidak mampu berkawan dengan teman yang lain, Anda harus mencoba untuk mengatasi masalah ini.

Undanglah teman sekelas anak Anda untuk menghadiri pesta kecil-kecilan di rumah Anda dan menghabiskan waktu bersama.

Buat pelajaran agar mudah dipahami oleh anak

Dalam hal ini, Anda memerlukan bantuan guru sekolah. Bantu anak Anda dengan memberikan contoh-contoh yang lebih mudah dipahami anak.

Saat ini dengan internet Anda bisa menyediakan sumber daya tambahan dan bahan studi dengan gambar aktual serta permainan edukatif yang pastinya akan lebih mudah dimengerti anak.

Mencoba membuat kegiatan sekolah lebih menyenangkan

Hal ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencoba. Perhatikan minat anak Anda, apa yang mereka sukai. Kemudian kembangkan minat tersebut agar sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak.

Berikan penghargaan pada anak untuk kehadirannya di sekolah

Jika anak Anda mulai menikmati sekolah secara teratur tanpa kehilangan satu hari dalam satu bulan, maka Anda harus memberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan. Hal ini dapat membuat anak menjadi lebih bersemangat untuk ke sekolah.

READ:  6 Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah Usai Liburan

**

Dengan cara-cara tersebut anak Anda akan lebih menikmati sekolah tanpa adanya rasa tekanan. Anak akan memandang sekolah sebagai pengalaman yang menyenangkan baginya bahkan bisa saja Anak Anda tidak sabar menanti esok hari agar dapat segera ke sekolah.

Semoga bermanfaat.

(foto: madeformums.com)