Cara Menghindari Kecanduan Internet

Loading...

Mengatasi kecanduan internetApakah Anda adalah orang yang selalu menghabiskan berjam-jam di depan komputer untuk mengakses internet?

Internet memang sumber informasi yang penting, namun banyak orang kecanduan internet yang akhirnya tidak punya waktu lagi untuk memperhatikan hal-hal penting di sekitar mereka.

Keluarga dan teman Anda juga membutuhkan perhatian dari Anda. Anda harus berhati-hati agar tidak kecanduan internet.

Kami berbagi informasi cara menghindari kecanduan internet, dan memotivasi Anda agar dapat mengatur waktu untuk keluarga.

1. Mengakui Anda memiliki kecanduan

Pertama-tama, Anda harus mengakui bahwa Anda sedang menderita kecanduan dengan menyadari bahwa Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk internet.

Kecanduan internet menyebabkan tugas kuliah atau pekerjaan menumpuk dan terganggu, lupa makan, komunikasi dengan keluarga dan teman-teman terganggu (lupa bergaul) dan Anda mengalami gangguan tidur karena sering begadang untuk berinternet. Jika Anda memiliki gejala kecanduan, sadarilah karena tiada guna menyangkalnya.

2.Kembangkan hobi

Lakukan hobi yang tidak melibatkan internet, video game, TV, handphone, smartphone dan komputer.

READ:  5 Tips Mengontrol Penggunaan Internet Pada Anak

Anda dapat melibatkan diri dalam tim olahraga, klub hobi, gereja, musik, menari, fitness, dan sebagainya. Anda bisa bepergian dengan teman-teman Anda dan mengerjakan hal-hal yang bermanfaat yang tidak melibatkan internet.

Banyak kegiatan yang bisa Anda coba, misalnya seminar, pemutaran film, konser, acara amal, olahraga di komunitas dan seterusnya.

3. Selesaikan studi Anda

Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa, maka kerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah Anda ketika Anda tiba di rumah. Ingat, waktu Anda adalah belajar.

Anda akan merasa lebih baik jika tidak menunda-nunda tugas Anda. Bacalah buku-buku atau melakukan penelitian di perpustakaan, bukan mengandalkan Wikipedia atau Google. Guru atau dosen lebih senang jika mahasiswa menggunakan buku daripada internet sebagai referensi.

Ulangi lagi pelajaran yang telah diberikan oleh dosen atau guru Anda hari ini.

4. Membantu menyiapkan makanan

Orang tua Anda akan merasa bahagia bila Anda membantu menyiapkan hidangan makan malam, bukan jika Anda online untuk chatting.

Masaklah sesuatu untuk makan malam keluarga agar menghindarkan Anda dari komputer. Keluarga Anda juga akan menilai Anda sebagai pribadi yang bertanggungjawab.

READ:  7 Cara Promosikan Toko Online Anda

5. Hangout bersama teman-teman

Rencanakan perjalanan bersama teman-teman. Anda bisa pergi ke sasana bowling, pusat perbelanjaan, karaoke, dan sebagainya.

Anda juga bertemu teman-teman Anda di taman sambil membawa anjing masing-masing. Hindari tempat-tempat yang memiliki akses internet gratis, seperti kafe.

6. Bersama keluarga di malam hari

Setelah makan malam bersama, rencanakan kegiatan bersama setelahnya, misalnya dengan main kartu, main monopoli, dan sebagainya.

7. Batasi waktu dengan komputer Anda

Rencanakan waktu yang Anda gunakan unuk bermain komputer. Anda bisa menggunakan timer atau alarm untuk mengingatkan Anda telah menggunakan komputer selama waktu tertentu.

Pastikan Anda tidak terlalu banyak menyalakan komputer dalam seminggu. Jika Anda memiliki laptop, jangan sering dibawa dan disimpan di tempat yang Anda ingat tapi tidak terjangkau oleh mata Anda.

Jika Anda memiliki komputer, cobalah ditutup dengan kain jika tidak digunakan, karena Anda cenderung menggunakannya jika melihatnya.

Jika Anda seorang mahasiswa yang harus mengerjakan tugas rumah dengan komputer, pastikan Anda tidak berlangganan internet. Jangan sampai perhatian Anda teralih ke internet ketika Anda sedang mengerjakan tugas rumah.

READ:  4 Sisi Negatif Internet

8. Jangan makan di depan komputer Anda

Makanlah di tempat lain. Jangan makan di kamar atau di depan komputer. Makan di kamar juga tidak baik karena Anda tidak bersama-sama keluarga.

Jika Anda makan di rumah, selalulah makan bersama keluarga. Hal itu akan membangun suasana yang menyenangkan dan juga menjalin keakraban dengan anggota keluarga Anda yang lainnya.

(foto: vosizneias.com)