Biasakan Anak Mengelola Keuangan sejak Dini

Loading...

mengenalkan uang pada anakTidak pernah terlalu dini untuk mulai mengajarkan anak tentang uang.

Usia sekolah dasar adalah waktu yang paling tepat untuk mengajar anak-anak bagaimana cara mengelola keuangan mereka, karena anak-anak belajar tentang penambahan, pengurangan dan konsep matematika lainnya di sekolah.

Hal ini dilakukan agar kelak ketika anak-anak mulai beranjak dewasa, mereka dapat mulai membuat beberapa keputusan tentang keuangan.

Seperti memutuskan bagaimana membelanjakan uang saku mereka atau bahkan membantu Anda memutuskan bagaimana mengalokasikan uang untuk hal-hal yang harus dilakukan pada saat liburan.

Berikut adalah tips cerdas untuk mengajarkan anak mengelola uang sejak dini:

Perkenalkan konsep uang

Ketika anak sudah mulai bisa berhitung, perkenalkan mereka dengan uang, dari yang nilainya paling kecil. Berikan segala informasi tentang uang yang ingin diketahui anak.

Ajarkan anak melalui game

Game merupakan salah satu cara menarik yang dapat Anda lakukan. Permainan seperti monopoli bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar tentang bagaimana mengelola keuangan. Jadi kumpulkan seluruh anggota keluarga untuk bermain monopoli bersama.

READ:  Pelajari Kegiatan Menarik dan Mendidik untuk Buah Hati Anda

Bawa anak Anda saat berbelanja

Pasar tradisional adalah salah satu media terbaik untuk mengajarkan anak tentang keuangan. Ajaklah anak Anda untuk berbelanja, dengan ini anak akan menyaksikan sendiri bagaimana cara berinteraksi antara pembeli dan penjual.

Libatkan anak Anda misalnya saat memilih sayuran atau buah, agar ia bisa melakukan peran sebagai konsumen. Kemudian saat membayar, berikan sedikit penjelasan pada anak mengapa Anda membayar sekian rupiah untuk membayar sayuran.

Berikan uang saku

Berikanlah anak Anda uang saku. Ini adalah cara yang tepat untuk mengajarkan anak mengelola keuangan.

Dengan uang saku, anak akan sadar bahwa semua orang memiliki jumlah uang yang terbatas sehingga anak Anda lebih berhati-hati menggunakan uang sakunya.

Biasakan anak untuk menabung

Berikan penjelasan yang mudah anak pahami tentang seperti apa itu menabung dan apa manfaatnya.

Anda bisa mulai mengajari anak dengan menaruh uang di celengan, setelah usia anak bertambah, Anda bisa memperkenalkannya dengan rekening tabungan.

Ajak anak ke Bank

Ajaklah anak Anda ke bank agar ia dapat melihat transaksi seperti apa yang terjadi di bank, libatkan anak pada kegiatan menabung Anda. Berikan pemahaman sederhana yang positif akan pentingnya menabung uang di bank.

READ:  5 Cara Untuk Memotivasi Anak

Ajarkan anak menyumbang

Mengajarkan anak tentang mengelola keuangan tidak akan lengkap tanpa adanya pemahaman tentang beramal. Jelaskan kepada anak bahwa tidak semua orang memiliki nasib yang sama.

Bagi yang berkecukupan, sebaiknya memberi sebagian yang dimilikinya kepada orang-orang yang kurang beruntung. Karena beramal adalah suatu hal yang tidak ternilai harganya.

**

Itulah beberapa tips atau cara yang dapat membantu Anda untuk mengajarkan anak mengelola keuangan sejak dini. Namun Anda juga bisa berimprovisasi dengan cara-cara lain yang mungkin dapat berpengaruh.

(foto: avonconnects.co.uk)