Warna Garpu Mempengaruhi Rasa Makanan

Loading...

warna garpu sendok mempengaruhi rasa makananSebelum Anda mengundang orang untuk pesta makan malam, Anda mungkin ingin mengambil beberapa waktu tambahan untuk memilih peralatan makan Anda.

Sebuah studi baru dari Oxford menunjukkan warna, berat, dan bentuk alat makan dapat mengubah persepsi rasa seseorang dan kenikmatan dari suatu makanan, seperti dilansir dari Everyday Health.

“Bagaimana kita merasakan makanan adalah pengalaman multiindra yang melibatkan rasa, merasakan makanan di mulut kita, aroma, dan penampakannya,” jelas penulis Vanessa Harrar dan Charles Spence. Keduanya psikolog eksperimental di Oxford University.

“Bahkan sebelum kita menaruh makanan ke dalam mulut kita otak kita telah membuat keputusan tentang hal itu, yang mempengaruhi pengalaman rasa kita secara keseluruhan,” lanjut penulis, yang studinya dapat ditemukan dalam akses terbuka jurnal Flavour.

Studi sebelumnya telah menunjukkan ukuran piring dan mangkuk dapat mengubah berapa banyak makanan dikonsumsi seseorang, dengan hidangan yang lebih besar mengarah ke selera besar.

Sedangkan warna mug seseorang dapat mengubah selera individu dan apresiasi untuk cokelat panas yang ia minum.

READ:  Bagaimana Cara Kerja Google Glass?

Harrar dan Spence sekarang telah memperluas tema ini ke ranah garpu, sendok, dan pisau dengan tiga percobaan.

Setiap percobaan memiliki antara 30 sampai 45 peserta, dan sebagian besar adalah mahasiswa Oxford. Setelah menggunakan alat tertentu, subjek diminta untuk memberi peringkat pada rasa dan kualitas makanan yang dikonsumsi pada skala 9 poin.

1. Berat

Semua sendok memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang sama, tetapi berat pegangannya berbeda.

“Sulit untuk menentukan jenis sendok garpu apa yang akan memberikan hasil yang ‘terbaik’, sedangkan yoghurt dengan sendok ringan dinilai sebagai yang paling padat, paling mahal, dan paling disukai, sendok ini tampaknya tidak menjadi yang terbaik untuk makan makanan penutup karena rasa yoghurt dinilai sebagai yang paling kurang manis,” para penulis menyimpulkan.

2. Warna

Warna kontras memainkan peran penting dalam apresiasi rasa pada yoghurt. Sendok biru membuat yoghurt merah muda tampak relatif lebih asin dibanding yoghurt putih.

Hal ini sejajar dengan studi sebelumnya yang menemukan mangkuk biru membuat popcorn tampak asin.

READ:  Konsumsi Anggur Merah dapat Perpanjang Umur!

3. Bentuk

Akhirnya, jika Anda mengadakan pesta keju, Anda mungkin ingin menyediakan pisau plastik.

Sementara potongan keju di atas tusuk gigi mungkin menjadi norma di Amerika Serikat, sudah menjadi adat toko keju di Inggris untuk melayani produk mereka pada pisau, dan itu untuk alasan yang baik.

Para penulis menemukan bahwa keju dianggap tajam dan asin jika disajikan dengan pisau dibandingkan garpu, tusuk gigi, dan sendok.

Sendok Sereal Favorit Anda

Yang menarik dari studi ini adalah bahwa hal itu menunjukkan adanya alasan mengapa orang memiliki “favorit cangkir kopi” atau mengapa bayi laki-laki mungkin tidak selalu memilih sendok biru di atas satu merah.

“Jadi, ketika menyajikan hidangan, harus diingat bahwa warna makanan muncul berbeda tergantung pada latar belakang yang disajikan (piring atau sendok garpu) dan, karena itu, rasanya berbeda,” kata Harrar dan Spence.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai kombinasi warna lain. Selain itu, mereka hanya mengamati cemilan, dan preferensi mungkin berbeda jika Anda memiliki makanan lengkap.

READ:  Apakah Acai Berry Benar-Benar Bekerja?

“Penelitian ini juga dapat digunakan untuk membantu mengendalikan pola makan seperti ukuran porsi atau berapa banyak garam yang ditambahkan ke makanan.

Atau, orang mungkin dapat membuat pilihan makanan yang lebih baik jika asosiasi warna tertanam mereka terganggu oleh iklan dan kemasan yang kurang konstan.”

(foto: forbes.com)