7 Tips Aman Naik Pesawat bagi Ibu Hamil

Loading...

tips aman naik pesawat terbangBanyak pendapat yang mengatakan ibu hamil tidak boleh naik pesawat.

Sebenarnya ibu hamil diperbolehkan naik pesawat asal dapat mengikuti dan mematuhi beberapa hal agar keamanan dan keselamatan dalam perjalanan dapat dicapai.

Ada juga beberapa orang yang mengingatkan tentang usia kehamilan yang diperbolehkan bagi ibu hamil dalam melakukan perjalanan dengan pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan menerapkan aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh ibu hamil. Jadi alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa aturan tersebut sebelum menetapkan membeli tiket pesawat atau sebelum memutuskan melakukan perjalanan.

Nah, untuk itu kami berbagi 7 tips aman naik pesawat bagi ibu hamil, silakan disimak.

1. Usia aman melakukan perjalanan udara

American College of Obstetricians and Gynecologist menyatakan waktu yang paling tepat bagi wanita hamil melakukan perjalanan dengan pesawat udara adalah pada trimester kedua kehamilan yaitu sekitar usia kehamilan 18 hingga 24 minggu.

Pada masa ini, resiko persalinan prematur menjadi lebih rendah, sehingga banyak dokter yang merekomendasikan untuk bepergian pada masa kehamilan ini dan mencegah perjalanan udara pada usia kehamilan di luar trimester kedua yaitu pada trimester pertama dan ketiga.

READ:  4 Manfaat Musik Buat Janin Dalam Kandungan

2. Melakukan pemeriksaan kehamilan

Sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, disarankan kepada ibu hamil sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Ini dimaksudkan untuk mendapatkan saran dari dokter tentang hal khusus yang harus dilakukan dan dipersiapkan apalagi jika pada perjalanan jauh yang memiliki durasi terbang lebih dari 6 jam.

3. Siapkan catatan medis

Usahakan meminta surat keterangan dokter dan catatan medis serta kartu asuransi kesehatan karena beberapa maskapai penerbangan menetapkan beberapa aturan tertentu bagi ibu hamil dengan meminta beberapa lampiran catatan medis dari dokter kandungan si ibu.

4. Jaga kesehatan

Beberapa indikasi melarang ibu hamil terbang di antaranya jika kondisi tidak fit dan terlalu lemah. Karena itu, jagalah kesehatan tubuh anda sebelum melakukan perjalanan dengan istirahat yang cukup, olahraga ringan dan mengonsumsi makanan bergizi.

5. Kenyamanan penerbangan

Kenyamanan dalam perjalanan adalah hal utama yang dibutuhkan ibu hamil. Pastikan anda memperhatikan hal-hal yang kadang dianggap remeh tapi akan menggangu kenyaman penerbangan ibu hamil.

  • pastikan selalu menggunakan pakaian yang nyaman
  • sepatu yang nyaman tanpa hak dan tidak panas
  • pastikan posisi duduk yang nyaman
  • mintalah posisi tempat duduk bagian tengah yang lebih nyaman atau jika bisa pilih yang dekat sayap pesawat
  • pilihlah duduk di dekat lorong agar mobilitas jika ingin ke toilet lebih mudah
  • pasang sabuk pengaman di bagian bawah perut
  • lebih baik sambil mendengarkan musik
  • bawalah kaos kaki untuk menghindari peningkatan trombosit vena
READ:  4 Fakta Tomat pada Masa Kehamilan

6. Siapkan cemilan sehat dan air minum

Bawa makanan dan minuman, jangan biarkan perut kosong. Siapkan camilan dan makanan kecil yang cocok bagi ibu hamil dan pastikan tidak kehausan dengan selalu minum air yang cukup. Permen jahe dan permen asam bisa menjadi teman selama perjalanan untuk menghindari rasa mual.

7. Regangkan otot

Usahakan banyak bergerak dengan bangun dan berjalan di koridor pesawat untuk meregangkan otot yang kaku selama perjalanan. Jangan lupa untuk menggerakkan kaki setiap 15 menit sekali agar terhindar dari keram dan pembengkakan karena terlalu lama duduk.

**

Demikianlah tips aman naik pesawat terbang bagi ibu hamil. Sebenarnya tak ada yang perlu dikhawatirkan, sepanjang anda mempersiapkannya dengan baik dan anda dalam kondisi kesehatan yang fit. Semoga bermanfaat.

(foto: utiket.com)