Larangan yang Harus Dipatuhi Ibu Hamil

Loading...

larangan ibu hamilBagi ibu hamil, masa kehamilan adalah masa di mana semua hal yang dianjurkan dan dilarang harus benar-benar dipatuhi karena ini biasanya menyangkut keselamatan bayi dan ibu selama kehamilan hingga sang janin dilahirkan.

Ibu hamil memang rentan karena harus menjaga kesehatan dan keselamatan dua jiwa yaitu dirinya sendiri dan si janin dalam kandungan.

Keuntungan dari larangan yang diberikan ini adalah menghindari semua hal yang berpotensi membahayakan janin dan dapat dicegah sejak dini bahkan sejak kehamilan mulai di deteksi.

Beberapa larangan untuk Ibu hamil memang sepertinya tidak masuk akal, tapi bila dipikirkan ulang, larangan tersebut tentu dimaksudkan untuk kebaikan calon ibu dan janinnya.

Berikut beberapa larangan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan :

1. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat-obatan, karena ibu hamil tidak bisa meminum obat yang bukan diperuntukkan khusus ibu hamil. Mengkonsumsi obat sembarangan akan berpengaruh pada kesehatan janin. Akan lebih baik memilih meminum obat alami seperti dari bahan alami, daun-daunan dan lainnnya

2. Jangan mengkonsumsi mie instan. Juga tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dan makanan instan karena bahan pengawet dari jenis makanan ini membahayakan kesehatan ibu dan janin karena pasti sedikit banyak mengandung bahan kimia.

READ:  Hipertiroidisme pada Kehamilan dan Pengobatannya

3. Pada trimester pertama hindari bekerja terlalu berat dan mengangkat barang-barang berat. Perbanyaklah istirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.

4. Hindari terlalu banyak berkendara motor, karena getaran dan guncangan selama di motor membuat goncangan pada janin yang masih lemah. Terlebih lagi polusi udara di jalan, jalan yang macet dan lubang di jalanan dapat mempengaruhi kondisi fisik dan metal calon ibu.

5. Kurangi begadang. Ibu hamil butuh stamina yang lebih dibandingkan sebelum hamil karena tubuh justru lebih mudah lemas dan lelah. Istirahat yang cukup akan menguatkan stamina ibu hamil.

6. Hindari pakaian ketat yang akan sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil dan menekan posisi janin. Kenakanlah pakaian yang nyaman di badan, tidak gerah, tidak ketat dan menyerap keringat.

7. Jika anda penyuka binatang kucing, hindari terlalu banyak berinteraksi dengan kucing. Ini dimaksudkan untuk menghindari toksoplasma, virus yang dibawa kucing yang dapat menginfeksi janin.

8. Jangan tidur telentang jika sudah masuk trimester dua dan tiga. Tidur telentang dapat menekan pembuluh vena sehingga pengembalian darah ke jantUng menjadi terhalang dan akan mengganggu perjalanan aliran darah dan nutrisi ke plasenta.