Tips Memilih Pakaian untuk Bayi

Loading...

memilih pakaian bayiBagi bayi perasaan nyaman dalam mengenakan pakaian memang menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Ini menjadi dasar jika anda ingin membelikan pakaian bagi bayi anda.

Apabila bayi anda yang menggemaskan mengenakan pakaian yang tidak nyaman, hal ini akan mempengaruhi dan membuat perasaan bayi menjadi tidak nyaman, membuat gerak gerik bayi menjadi tidak luwes serta bayi anda yang lucu dan menggemaskan menjadi berubah rewel dan tidak tenang.

Terkadang orang tua cenderung memaksakan keinginan dan selera berpakaian mereka kepada anak apalagi terhadap bayi mereka agar mendapatkan pujian penampilan yang menggemaskan.

Padahal belum tentu pilihan orang tua itu merupakan pilihan yang tepat yang memang sesuai dan nyaman pada anak. Misalnya ibu yang ngotot memasangkan pakaian gaun yang berbahan panas dengan detail rumit yang membuat anak merasa gatal dan gerah.

Nah untuk mencegah hal ini terjadi, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memilih baju bayi yang tepat:

1. Memilih Toko Baju Bayi

Pilihlah baju bayi yang dijual di toko perlengkapan bayi khusus yang memang kualitasnya sudah terjaga dan terjamin, juga mendapat rekomendasi dari banyak orang.

READ:  10 Penggunaan Aspirin yang Tidak Lazim

Biasanya toko seperti ini akan memberikan pakaian yang memang benar-benar nyaman, pas dan cocok bagi bayi anda. Walaupun harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dari harga di pasar, namun target anda adalah agar bayi anda selalu merasa nyaman. Dan beberapa merek baju bayi sudah mengikuti standar baju bayi nasional.

2. Memilih Bahan Baju yang Tepat

Untuk memilih bahan pakaian yang tepat bagi bayi, pastikan menghindari bahan dari pure nylon, bahan jeans dan bahan parasut yang memang mudah panas dan membuat gerah.

Usahakan memilih bahan yang murni katun dan tidak ada campuran nilon karena akan membuat bahan menjadi sedikit kasar. Katun sangat tepat karena lembut dan mudah menyerap keringat.

3. Detail Baju Bayi

Hindari detail terlalu berlebihan dari baju, seperti detil korsase, pita atau tali-talian yang mengganggu kenyamanan bayi dan bahkan membahayakan bayi karena bisa saja dicopot dan dimakan.

Selain itu hindari ritsleting yang terlalu menonjol dan mengganggu mobilitas bayi apalagi yang masih telungkup. Hindari detail mengganggu di dada.

READ:  11 Langkah Merawat Bayi Demam

4. Memperhatikan Perawatan Pakaian Bayi

Pastikan anda memperhatikan anak anda dalam menggunakan pakaiannya, karena bisa saja ada iritasi ringan pada kulit bayi. Sebaiknya pakaian baru sebelum dipakai dicuci dulu dengan pelembut kain khusus bayi sehingga bayi anda akan merasa nyaman.

(foto: cheapbabyclothesinfo.com)